P. Pisau

Mendorong Pendidikan Melalui Alokasi Dana Desa: Beasiswa Menuju S1

PULANG PISAU - Dengan dilakukannya pengalokasian dana dari Alokasi Dana Desa (ADD) untuk menyediakan beasiswa bagi siswa yang bercita-cita melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi tingkat satu (S1). Hal tersebut dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau.

Total anggaran yang tersedia dari ADD mencapai Rp 32 juta. Tentunya dengan anggaran yang telah disiapkan, diharapkan orang tua siswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang S1 tidak perlu khawatir akan beban biaya yang besar.

Ia menyampaikan dihadapan awak media, Pada Rabu {20/03/2024}, "Pemberian beasiswa ini menggunakan dana ADD, dimana 10 persennya berasal dari APBD. Beasiswa ini ditujukan untuk siswa berprestasi yang tidak mampu di setiap desa, dengan skema satu desa satu beasiswa," ungkapnya.

Ia menjelaskan beasiswa ini merupakan bagian dari anggaran ADD yang dikelola oleh Pemerintah Desa (Pemdes) di wilayah Bumi Handep Hapakat, dengan tujuan untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) sesuai dengan potensi yang dimiliki oleh siswa di desa tersebut. Dalam artian harus sejalan dengan potensi yang mana yang menonjol.

Ia menambahkan, "Disini pihak desa itu sendiri yang akan memberikan  penilaian terhadap siswa untuk mendapatkan beasiswa tersebut, karena mereka memiliki pemahaman dan pengetahuan yang lebih baik tentang kondisi siswa. Perguruan tinggi yang dipilih juga akan disesuaikan dengan potensi yang ada di desa itu sendiri, ada juga kemungkinan untuk memasuki Pendidikan Profesi P3K atau mengikuti ujian CPNS", tutupnya.

(Era)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments