P. Pisau

Menggali Nilai-Nilai Pancasila untuk Generasi Emas

PULANG PISAU - Pentingnya peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada 01/10/2024 sebagai momentum untuk memperdalam sejarah bangsa. Hal tersebut disampaikan oleh Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan dan Kemasyarakatan Kabupaten Pulang Pisau, Edi Purwanto Casmani, menurutnya, peristiwa-peristiwa sejarah yang telah terjadi dapat menjadi inspirasi bagi generasi saat ini, terutama dalam meneladani perjuangan para pahlawan yang gigih mempertahankan NKRI dan Pancasila sebagai ideologi negara.

Ia menekankan bahwa dukungan dari berbagai pihak sangat diperlukan untuk memastikan bahwa peringatan ini, dan kegiatan kebangsaan lainnya, tidak hanya menjadi formalitas belaka. Penting agar kegiatan ini juga dilaksanakan secara konsisten demi menjaga semangat nasionalisme. Dengan begitu, nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dapat terus ditanamkan di tengah masyarakat.

Lebih lanjut, ia mengajak semua pihak, termasuk orang tua, untuk menanamkan nilai-nilai perjuangan kepada generasi muda. Hal ini penting agar anak-anak dan cucu kita, sebagai penerus bangsa, dapat melanjutkan upaya untuk mempertahankan Pancasila dan keutuhan NKRI.

Tema peringatan tahun ini adalah "Bersama Pancasila, Kita Wujudkan Indonesia Emas." Tema tersebut menjadi pengingat bagi generasi muda untuk terus menjaga dan melestarikan nilai-nilai Pancasila di tengah arus globalisasi yang semakin pesat.

Dengan tetap mempertahankan nilai-nilai luhur dari Pancasila, Casmani berharap Indonesia akan semakin siap dalam mewujudkan cita-cita menjadi negara maju yang adil dan makmur pada masa mendatang.

(Marselinus)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments