P. Raya

Mensos salurkan bantuan 1 Milyar lebih bagi korban banjir di Kota Palangka raya

PALANGKA RAYA - Menteri Sosial RI Tri Rismaharini tiba di Kalimantan Tengah. Dalam kunjungan kerjanya, rombongan mensos meninjau lokasi pasca banjir di Komplek Sosial Flamboyan dan mengunjungi para penyintas korban terdampak banjir di pengungsian, pada Rabu siang 24 November 2021.

Dalam kunkernya tersebut Kemensos juga menyalurkan bantuan dan atensi, total senilai RP. 1.852.457 810 kepada anak-anak di pungungsian. Kemensos kemudian mengajak anak-anak bernyanyi bersama guna memberikan semangat dan memperkuat psikologi anak.

Kunjungan Kemensos ini merupakan kali kedua ke Kota Palangka Raya, untuk menyalurkan sejumlah bantuan langsung kepada para penyintas korban terdampak banjir, kali ini rombongan mensos meninjau kawasan pemukiman komplek sosial Flamboyan, Kelurahan Langkai Kecamatan Pahandut Kota Palangka Raya Kalimantan Tengah.

Usai menyambangi warga sembari melihat setiap sudut pemukiman Flamboyan, sekaligus membagikan bantuan berupa paket makanan siap saji dan sembako, Mensos menemui warga di pengungsian yang berada di gedung olah raga (Gor) komite olahraga nasional indonesia (Koni) jalan Wolter Mongonsidi Palangkaraya yang di huni kurang lebih 250 jiwa.

Dalam rangkaian tersebut Mensos menyerahkan bantuan logistik dalam bentuk makanan anak sebanyak 210 paket kids ware 200 paket famili kit 140 paket tenda gulung 30 lembar kasur 100 lembar selimut 20 lembar matras sebanyak 105 lembar beras sebanyak 50 ribu kilogram, bahan natura - dapur umum 2 paket dan bantuan sembako seribu paket.

Kemensos juga memberikan bantuan atensi, yakni berupa bantuan untuk anak yatim dan yatim piatu sebanyak 31 orang dengan nilai enam belas juta empat ratus ribu rupiah, bantuan aksesibilitas (kursi roda tongkat pintar, kruk dan lain-lain) untuk 26 orang, serta menyerahkan santunan kepada satu ahli waris korban meninggal. Bantuan total Kemensos untuk bencana banjir di Palangka Raya senilai 1.852.457 810 rupiah.

Dalam wawancara di hadapan sejumlah awak media setempat, Mensos menyebutkan, untuk masyarakat yang terdampak banjir di beberapa wilayah Kota Palangka Raya pihak Kemensos akan meminta data melalui Pemerintah Kota untuk dimasukan sebagai peserta penerima bantuan sosial bencana dari Kemensos RI.

Usai menyerahkan bantuan Mensos Tri Rismaharini mengajak anak-anak pengungsian untuk menyanyi bersama serta memberikan semangat kepada keluarga yang terdampak banjir untuk memulihkan dari trauma dan memperkuat psikologi.

 

(Surya Adi Winata)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments