P. Raya

Menyumpit Permainan Adat Kalimantan Tengah 

PALANGKA RAYA - Manyipet adalah permainan rakyat yang berarti menyumpit. Kemahiran dalam permainan ini sebenarnya dimanfaaat untuk berburu binatang di hutan. Namun sekarang manyipet ini dijadikan permainan rakyat di Kalimantan Tengah. Permainan ini berupa membidikkan anak sumpitan (damek) ke sasaran yang telah ditentukan dan dimainkan pada waktu siang hari. 

Permainan ini dapat dilakukan secara sendiri atau berkelompok dalam sebuah pertandingan dengan menggunakan sebuah sumpitan dan beberapa anak sumpitan (panah). Sebelumnya dipersiapkan sumpit yang terbuat dari kayu tabalien (ulin) berbentuk silinder yang lurus panjang dan diberi lobang di tengahnya, sehingga menjadi sebuah pipa dengan panjang sekitar 2 meter. Ujung sumpit dibuat mata tombak yang dapat dimanfaatkan untuk menombak binatang. Kemudian anak sumpit dibuat dengan menggunakan bambu yang diraut halus dan salah satu ujungnya diruncingkan sedangkan ujung yang lain diberi kertas membentuk kerucut. Setelah dalam posisi siap, maka pemain dapat membidikkan anak sumpit itu pada sasaran yang telah ditentukan sebelumnya. 

Permainan ini merupakan warisan dari nenek moyang dalam berburu binatang di dalam hutan. Oleh karena itu sebagai salah satu upaya untuk melestarikannya adalah dengan dilakukannya perlombaan manyipet dalam Festival Budaya Isen Mulang. Dalam Festival Budaya Isen Mulang, telah ditetapkan jarak serta sasaran dengan skor masing-masing.

(Era Suherti)

 

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments