Kapuas

MES Kapuas Gelar Pelatihan Juru Sembelih Halal

KAPUAS - Dewan Pimpinan Daerah Masyarakat Ekonomi Syariah atau DPD MES Kabupetan Kapuas, kalimantan tengah menggelar pelatihan juru sembelih halal atau Juleha pada, Minggu 29 September 2024.

Pelatihan juru sembelih halal atau juleha  berlangsung di rumah betang jalan kartini kuala Kapuas, dibuka oleh penjabat bupati Kapuas, Haji darliansjah dan diikuti puluhan peserta yaitu para pengurus masjid dan musholla bidang penyembelihan hewan dari delapan kecamatan di Kabupaten Kapuas. 

Pelatihan ini menghadirkan para nara sumber seperti haji tuaini ismail selaku pembina juleha Kalteng yang juga ketua satgas halal Kalteng, kemudian Nanang Fahrurrazi Selaku Ketua Juleha Kalteng. 

Penjabat Bupati Kapuas, Haji Darliansjah menyambut baik dan memberikan apresiasi tinggi kepada pengurus DPD mes Kapuas yang telah melaksanakan pelatihan ini karena baru pertama kali dilaksanakan di kuala Kapuas.

Untuk itu darliansjah berharap kedepan pelatihan seperti ini juga dapat dilaksanakan diseluruh kecamatan dan juga di seluruh desa agar tersedia juru sembelih halal.

Sementara itu, sementara itu Ketua Panitia Pelatihan Juleha, Haji Suwarno Muriyat, mengatakan kegiatan ini merupakan bagian dari pelaksanaan program Mes Kabupaten Kapuas tahun 2024.

Suwarno mengatakan tujuan dari kegiatan Juleha ini, agar para peserta dapat bertambah pengetahuan dan pemahaman tentang cara menyembelih hewan ternak yang sesuai syariah islam.

Kemudian juga diharapkan dapat mendorong peningkatan sertifikasi halal bagi pelaku umkm makanan yang berbahan dasar daging yang ada di Kabupaten Kapuas.

Acara pembukaan pelatihan juru sembelih halal ini juga dihadiri ketua mes Kapuas salman, ketua DPD juleha Kapuas M Poteran S, Kepala Kantor Departeman Agama Kapuas haji Hamidan dan sejumlah undangan lainnya.

 

(Irfansyah)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments