P. Raya

Mudik Gratis Program Pemerintah Provinsi Kalteng

PALANGKA RAYA - Pelepasan Program Mudik Gratis pada Masa Angkutan Lebaran 1445 Hijriah/Tahun 2024 di Provinsi Kalimantan Tengah, bertempat di Halaman Terminal Tipe A WA Gara, Jalan. Mahir Mahar Palangka Raya, Ptovinsi Kalteng, Minggu (7/4/2024).

Gubernur Kalteng dalam sambutan yang dibacakan oleh Wagub  mengatakan, atas nama Pemerintah Provinsi Kalteng mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Perhubungan RI, yang telah memilih Provinsi Kalteng sebagai satu-satunya provinsi di Pulau Kalimantan yang mendapat bantuan Program mudik gratis.

Dikatakannya bahwa mudik merupakan kegiatan yang sudah menjadi tradisi atau budaya masyarakat Indonesia, untuk dapat berkumpul dan beribadah bersama keluarga di kampung halaman masing-masing, “Namun, setiap tahunnya, kita juga menyadari risiko dan tantangan yang dihadapi oleh para pemudik, terutama dalam hal keselamatan dan kenyamanan perjalanan” ucapnya.

Selanjutnya, Pemerintah Provinsi Kalteng bersama Kementerian Perhubungan RI, melalui program ini berkomitmen untuk memberikan bantuan kepada mereka yang ingin pulang ke kampung halaman dengan aman dan nyaman, serta salah satu upaya untuk memastikan bahwa hak setiap warga negara untuk berkumpul dengan keluarga dan orang-orang terkasihnya tidak terhalang oleh kendala ekonomi.

Lebih lanjut Wagub mengatakan, bahwa Pemerintah Provinsi Kaltrng  menyediakan 4 (empat) armada bus untuk mengantarkan para pemudik ke berbagai kota tujuan di Kalteng, diantaranya rute Palangka Raya – Bahaur sebanyak 2 (dua) bus dengan kapasitas 70 (tujuh puluh) orang dan rute Palangka Raya – Sampit sebanyak 2 (dua) bus dengan kapasitas yang sama 70 (tujuh puluh) orang. 

Rute ini adalah tambahan dari program mudik gratis yang diselenggaran oleh Kementerian Perhubungan RI yaitu rute Palangka Raya – Pangkalan Bun sebanyak 6 (enam) bus, dengan kapasitas 220 (dua ratus dua puluh) orang dan rute Palangka Raya – Banjarmasin sebanyak 2 (dua) bus dengan kapasitas 88 (delapan puluh delapan) orang.

Perlu diketahui bahwa program ini tidak hanya untuk angkutan darat saja, namun angkutan laut juga menyelenggarakan angkutan mudik gratis dengan rute Sampit – Semarang kapasitas 500 (lima ratus) orang, Kumai – Surabaya kapasitas 500 (lima ratus) orang dan Kumai – Semarang kapasitas 398 (tiga ratus sembilan puluh delapan) orang,"jelasnya.

Selain itu, disediakan juga fasilitas pemeriksaan kesehatan gratis untuk memastikan kenyamanan para pemudik selama perjalanan, serta menyediakan paket sembako terdiri dari Beras 5 Kg, Minyak Goreng 1 Liter, Gula Pasir 2 Kg dan Sarden 1 Kaleng, dengan nilai Rp 150.000,- per paket, yang disubsidi oleh Pemerintah Provinsi Kalteng sebesar Rp 130.000,-, sehingga masyarakat yang membutuhkan hanya menebus dengan harga Rp 20.000,-.

Diharapkan program mudik gratis ini dapat bermanfaat bagi masyarakat dan dapat membantu mengurangi angka kemacetan dan kecelakaan lalu lintas selama arus mudik dan balik Lebaran tahun ini.

Edy Selanjutnya berpesan kepada para peserta mudik gratis, agar selama perjalanan selalu menjaga kesehatan dan keselamatan. Patuhi peraturan lalu lintas, ikuti arahan dari para petugas, dan berhati-hati selama di perjalanan mudik.

Hadir pada kegiatan pelepasan Mudik lebaran, Wagub ProvinsinKalteng Edy Pratowo, Sekda Provinsi Kalteng H. Nuryakin, Danrem 102/PJG Brigjen TNI Iwan Rosandriyanto, mewakili Kapolda Kalteng Kombes Pol. R.S.Handoyo , Ketua KADIN Kalteng Rahmat Nasution Hamka, dan Sejumlah Kepala OPD lingkup Pemerihtah Provinsi Kalteng,

 

(Era Suhertini)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments