Kalteng

Nanang Suriansyah Jabat Ketua Forum Pembauran Kebangsaan Katingan

KASONGAN - Nanang Suriansyah yang kini menjabat Wakil Ketua DPRD terpilih menjadi Ketua Forum Pembauran Kebangsaan atau FKP Kabupaten Katingan periode 2021 - 2024.

"Semoga amanah ini dapat saya jalankan dengan sebaik-baiknya," kata Nanang Suriansyah, Jumat, 20 Agustus 2021.

Ia mengatakan Forum Pembaruan Kebangsaan atau FPK adalah sebuah wadah pembauran kebangsaan dan interaksi beragam anggota masyarakat dari berbagai ras, etnis dan suku yang ada di Kabupaten Katingan.

Hal ini dalam rangka membantu dan sebagai kepanjangan tangan pemerintah terutama pemerintah daerah untuk menjaga persatuan dan kesatuan sesuai dengan semboyan bhineka tunggal Ika.

"Yaitu berbeda-beda tapi kita tetap satu dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia," ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa setiap pemerintah daerah provinsi atau kabupaten/kota diwajibkan membentuk FPK sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 34 Tahun 2006 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pembauran Kebangsaan di Daerah serta Peraturan Gubernur Kalimantan Tengah Nomor 08 tahun 2008 tentang Pembentukan Forum Pembauran Kebangsaan dan keanggotaan dewan pembina forum pembauran kebangsaan provinsi, kabupaten/kota, kecamatan dan desa/kelurahan di Provinsi Kalimantan Tengah. 
 
FPK ini juga sebagai wadah informasi, komunikasi, konsultasi dan kerjasama antar warga masyarakat yang diarahkan untuk menumbuhkan, memantapkan, memelihara dan mengembangkan pembauran kebangsaan yang harus dan wajib dipertahankan untuk menjaga keutuhan berbangsa dan bernegara. 

FPK ini dibentuk oleh berbagai etnis masyarakat yang ada di Katingan dan difasilitasi oleh pemerintah daerah melalui Badan Kesbangpol Kabupaten Katingan untuk pembentukan susunan pengurusnya.

"Secara pribadi saya menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada berbagai elemen etnis tokoh masyarakat yang ada di Kabupaten Katingan pada acara musyawarah bulan Juli 2021 yang lalu telah memberikan kepercayaan kepada saya sebagai Ketua FPK periode 2021-2024," ujarnya.

Ia juga menyampaikan terima kasih dan pbenghargaan yang tinggi kepada Sakariyas selaku Bupati Katingan yang telah menerbitkan SK susunan kepengurusan FPK periode 2021-2024.

"Tentu ini amanah dan kepercayaan yang sangat berat diberikan kepada saya dari berbagai elemen etnis masyarakat kita yang ada di Katingan," sebutnya.

Untuk itu Nanang meminta dukungan dan doa dari semua lapisan masyarakat agar amanah ini bisa dijalankan dengan baik.


(Didit)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments