P. Raya

Nuryakin 'Buka' Sosialisasi PROKLIM Tingkat Provinsi

PALANGKA RAYA - Pj. Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah Haji Nuryakin membuka secara resmi Sosialisasi Program Kampung Iklim (PROKLIM) Tingkat Prov. Kalteng, Kegiatan ini dihadiri secara virtual dari Ruang Rapat Bajakah, Kantor Gubernur Kalteng, Rabu 25 Agustus 2021.

Dalam sambutannya, Pj. Sekda H. Nuryakin menyampaikan Data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan bahwa suhu rata-rata Indonesia pada lebih tinggi 1,2 derajat celcius dibandingkan normalnya. Sejalan dengan hal tersebut, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah melaporkan bahwa terjadi kecenderungan kenaikan kejadian bencana hidrometeorologi seperti banjir, longsor, kekeringan, kebakaran hutan dan puting beliung.

Kejadian bencana hidrometeorologi yang diperparah dengan faktor antropogenik terus meningkat dari tahun ke tahun, dimana saat ini tercatat mencapai 98 persen dari seluruh kejadian bencana di Indonesia. Dalam undang-undang Nomor 16 Tahun 2016 tentang Pegesahan Paris Agreement To The United Nations Framework Convention On Climate Change (Persetujuan Paris Atas Konvensi Kerangka Kerja Perserikatan Bangsa-Bangsa mengenai Perubahan Iklim) dimana dalam salah satu isinya menyatakan bahwa kewajiban masing-masing Negara untuk menyampaikan kontribusi yang ditetapkan secara Nasional (Nationally Determined Contribution). Dimana target NDC Indonesia adalah mengurangi emisi sebesar 29% dengan upaya sendiri dan 41% jika ada kerjasama internasional dari kondisi tanpa ada aksi pada tahun 2030.

 

(Syahwandi)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments