Kalteng

Objek Wisata Air Terjun Liang Pandan tercemar

Puruk Cahu - Terletak di jantung kota Puruk Cahu, di Kecamatan Murung Kabupaten Murung Raya, Air Terjun Liang Pandan di atas Sungai Sangarahan tidak seindah dulu. Airnya yang jernih tidak hanya menarik perhatian masyarakat Murung Raya, tetapi juga masyarakat dari luar daerah.

Objek wisata yang merupakan milik Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Provinsi Murung Raya, keinginan itu sepertinya kandas, dan untuk saat ini kondisi dan kualitas airnya sudah tidak menarik dan terlihat berwarna kecoklatan gelap

Setelah pengamatan. Pencemaran diduga terjadi di DAS Sangarahan Hulu. Sontak saja hal ini memancing reaksi dari berbagai pihak, termasuk perwakilan masyarakat dari daerah pemilihan di Kecamatan Murun.Kami sangat menyayangkan saat ini salah satu tempat wisata utama di Kecamatan Murun tercemar.

Akhmad Tafruji selaku Ketua Fraksi PAN telah meminta kepada Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Murung Raya dan jajarannya untuk melakukan survey lapangan atau pemeriksaan silang terhadap dugaan pencemaran yang menyebabkan air menjadi keruh dan berwarna coklat di hulu Liang Pandan Sungai

Harapannya jika terjadi pencemaran, DLH segera mengambil tindakan proaktif, menangkap bola untuk mencegahnya, dan menjangkau secara persuasif kepada mereka yang beroperasi di hulu Sungai Liangpandan.”

(Ady Natha)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments