Katingan

OPD Perlu Inovatif Gali PAD

KATINGAN – Organisasi Perangkat Daerah (OPD) perlu meningkatkan Inovatif untuk mengali potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD), sehingga target bisa dicapai.

Wakil Ketua Satu (Waket) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Nanang Suriansyah mengatakan, Kabupaten Katingan memiliki banyak potensi PAD, sayangnya, OPD dilingkup Pemerintah Kabupaten Katingan kurang inovatif mengali potensi PAD.

“Kalau berbicara potensi, sebetulnya banyak, hanya yang perlu dilakukan inovatif dari OPD,” Ungkap Waket I DPRD Kabupaten Katingan Nanang Suriansyah,” Senin (14/08/2023).

Lebih lanjut, dikatakan salah satu kader terbaik partai berlambang Pohon Beringin, Nanang Suriansyah, OPD jangan hanya terpaku dengan pajak seperti PBB, Rumah Makan atau pajak lainnya yang sifatnya mengikat, tetapi dengan kondisi Katingan yang potensi wisata yang cukup banyak, jika dikembangkan bisa menambah PAD.

“Dari pengembangan wisata, itu bisa meningkatkan PAD,” Ujarnya.

Hal menarik lainnya yang diungkapkan Nanang, terkait usaha perhotelan, katanya, dilihat dari kegiatan-kegiatan yang dilakukan Pemda Katingan yang mendatangkan orang seperti Bimtek serta pelatihan-pelatihan, tentu dapat meningkatkan PAD.

“Coba kita hitung, kalau yang diundang aparat desa, dikali 3 peserta setiap desa, berapa kamar yang dibutuhkan?, Ini perlu menjadi catatan bagi OPD,” Tuturnya.

Bagi Nanang, jika Katingan memiliki hotel yang representatif lebih baik mengundang narasumber dari pada membuang anggaran banyak untuk keluar daerah.

“Yang jelas, harapan kita OPD harus lebih inovatif untuk meningkatkan PAD,” Tandasnya.


(Novriyanto)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments