P. Raya

Operasi Katarak Mata Untuk Satu Pasien Memakan Waktu Antara 25 Menit Sampai 40 Menit.

PALANGKA RAYA -  dr. Yudika Iwan Toemon Spesialis Mata RSUD dr. Doris Sylvanus Palangka Raya saat di wawancarai awak media  di loby Gedung  Admin RSUD dr. Doris Sylvanus, Selasa 23 Juli 2024 mengatakan, pasien sudah melalui tahapan tahapan pemeriksaan seperti, Tensi, Gula Darah,Leukosit dan yang lainnya agar sesuai prosedur yang ada. Pasien setelah habis operasi jangan juga terlalu banyak duduk dan mengangkat  Beban yang berat,menjaga kesehatan matanya.  

Operasi Katarak dilaksanakan Dalam rangka Hari Ulang Tahun Provinsi Kalteng yang Ke 67 tahun, Mengadakan operasi katarak gratis untuk masyarakat yang kurang mampu ,yang setiap tahunnya rutin diadakan di RSUD dr. Doris Sylvanus Palangka Raya kata.

“Tim dokter yang ikut terlibat dalam operasi katarak ada lima dokter Spesialis mata dan dibantu oleh para perawat dari IBS dan Ruangan, untuk operasi katarak mata sendiri ada dua mesin masing masing dalam operasi ada asistennya lagi, jadi biasany kalau dokternya satu asistennya dua,"jelasnya.

Lebih lanjut dr.Yudi Iwan Toemon mengatakan, Untuk operasi katarak mata sendiri untuk satu operasi masing masing pasien berbeda beda kataraknya ada yang memang sulit, tiap tiap orang/pasien berbeda beda,tetapi rata rata memakan waktu sekitar 25 menit sampai 40 menit untuk satu mata operasi.

“Untuk pasien katarak biasanya paling banyak usia 50 tahun keatas. Salah satu penyebab katarak salah satunya faktor usia , katarak juga macam macam ada yg baru lahir sudah kena katarak namanya katarak bawaan, jadi semua usia bisa kena katarak cuma kebanyakan di usia 50  tahun keatas,"tutup dr. Yudika.

 

(Era Suhertini)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments