Nasional

OSO Dapat Gelar Dari Kerajaan Kusuma Negara Sekadau

SEKADAU - Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang alias OSO mendapat gelar kekerabatan dari Istana Kusuma Negara Sekadau. Bertempat di jalan kusuma negara, Desa Tanjung, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau, gelar tersebut diberikan kepada Oso saat berkunjung ke Sekadau, Kalimantan Barat, pada Sabtu, 12 Agustus 2023.

Oso mendapat gelar pengeran jaya singa negeri yang bermakna kekuatan seorang bangsawan pelindung negeri. Gelar yang tertuang dalam titah Raja Kusuma Negara Sekadau itu dibacakan oleh Pengeran Bendahara Kusuma Negara Sekadau, Abang Mohd Firman.

Oso mengaku terharu dengan gelar yang diberikan tersebut. Ia tak menyangka jika dirinya akan mendapat gelar kekerabatan dari istana kusuma negara.

Saat mengunjungi sekadau, Oso pertama kali mendatangi Masjid Agung Sultan Anum. Selanjutnya, ia bersama Gubernur Sutarmidji, Bupati Aron dan rombongan berkunjung ke istana kusuma negera sekadau untuk bertemu dengan Raja berserta masyarakat sekadau.

Oso sama sekali saya tidak menyangka akan dinobatkan, diberi gelar (Pangeran Jaya Singa Negeri). Ia menyatakan  sangat terharu dan  tidak tau harus mengucapkan apa.

Kata Oso pemberian gelar ini tentunya akan memantik asumsi-asumsi lain, seperti sandiwara politik. Namun, ia menegaskan hal itu bukanlah sifat dirinya.

Kerajaan tidak akan memberikan sesuatu asal kita senang, justru (gelar) ini memberikan beban kepada dirinya. Apa yang harus ia lakukan dengan tugas yang diberikan.

Ia mengaku takut dengan gelar yang diberikan tersebut. Tapi kalau itu memang kebutuhan masyarakat, khususnya kabupaten sekadau, insyaallah itu memang kewajibannya sebagai anak daerah.

Sementara itu, Raja Kusuma Negara Sekadau, Pengeran Agung Gusti Muhammad Effendi Sri Negara II, mengatakan dirinya sangat mengenal Oso.

Oso sahabat orang tuanya. Beliau ini memiliki sifat nasionalis, semua suku agama beliau masuk (membaur). Oso ditokohkan, memberikan contoh kepada seluruh rakyat indonesia agar kita bersatu padu dan Oso punya kemampuan itu.

(Yahya Iskandar)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments