Barsel

Pagelaran Wayang Banjar Di Buntok

BUNTOK - Kesenian wayang kulit di Indonesia bisa kita temui di berbagai kota di Indonesia, termasuk di Kalimantan Selatan yang disebut Wayang Kulit Banjar.

Wayang kulit Banjar diperkirakan mulai dikenal antara abad 13 atau 14, tepatnya di Kerajaan Nagara Dipa, Amuntai (Hulu Sungai Utara). Dalam buku Urang Banjar dan Kebudayaannya (2005), disebutkan bahwa wayang Banjar berinduk pada wayang Purwa di Jawa.

Sejak tahun 1990-an permintaan pementasan wayang mulai turun secara drastis, dan pembuatan wayang juga menurun. Hal ini terjadi karena generasi muda saat ini lebih tertarik serta menyukai hiburan yang berbau modern, dibandingkan mempelajari seni wayang kulit Banjar ini.

Kenali budaya bangsa dan banggalah akan keragamannya. Jika generasi muda tak lagi mengenal budaya bangsanya, maka warisan leluhur ini akan punah ditelan jaman. Hingga satu saat kita bisa menjadi Bangsa yang tak mengenal asal usul budaya leluhurnya.

Bertempat di kawasan pasar Plaza Beringin Buntok tengah ditampilkan Wayang Banjar asal Barikin Barabai, Kab. Hulu Sungai Tengah, kegiatan ini dalam rangka memeriahkan HUT Kab. Barsel yg ke-63 tahun.

Masyarakat Banjar yg ada di Kalteng mengucapkan terimakasih kepada PJ Bupati Barsel Lisda Arriyana yang sudah mendukung upaya pelestarian Seni Budaya Wayang Banjar.

(Era Suherti)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments