P. Raya

Pantauan Komoditas Utama Jaga Stabilitas Harga

PALANGKA RAYA - Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Kalimantan Tengah (Kalteng), Aster Bonawaty menyampaikan, komoditas utama yang perlu diperhatikan, yakni beras, minyak goreng, cabai dan daging ayam.

“Hal itu menjadi tugas dari Disperindag sendiri untuk melakukan pemantauan harga, agar mengetahui kenaikan atau penurunannya,” ucapnya, saat di wawancara selesai mengikuti rakor di Aula Jayang Tingang, Senin (27/2/2023).

Dalam rangka menjaga ketersediaan pasokan Disdagperin akan bekerjasama dengan Dinas Pertanian, Dinas Holtikultura, dan Dinas Ketahanan Pangan, serta seluruh instansi yang berada di Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kalteng.

Aster Bonawaty menjelaskan, pihaknya akan terus berupaya menjamin keamanan pasokan dan memonitoring jalur distribusi.

“Dengan terus melakukan pengamanan stok dan memantau jalur distribusi agar tidak terhambatan,” ujarnya.

Kenaikan harga beberapa komoditas di dua kabupaten rata – rata terjadi di wilayah perkotaan.

Ia menyebutkan, berdasarkan hasil rapat evaluasi yang dilakukan, kenaikan harga tertinggi masih berada di Kabupaten Barito Timur dah Kabupaten Katingan. Sehingga direncanakan minggu depan akan memperluas pengadaan pasar penyeimbang.

“Untuk itu akan tetap memantau perkembangan kenaikan. Karena permintaan masyarakat bertambah, sementara pasokan tidak ada penambahan,” pungkasnya.

(Era Suherti)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments