P. Raya

Rapat Koordinasi Inflasi Cakupan Bapok Pangan Menjelang Hari Besar Keagamaan

PALANGKA RAYA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng) melalui Tim Satgas Pangan terus ketersediaan bahan pokok (Bapok).  Salah satu tujuannya untuk menekan lajunya inflasi, ketersediaan pasokan dan jalur distribusi menjelang Hari Besar Keagamaan (HBK) mendatang.

Nuryakin menyebut kenaikan harga saat ini yang menjadi perhatian adalah di Kabupa-ten Barito Timur (Bartim) dan Kabupaten Katingan.

“Kita akan mencari masalahnya, jika dari jalur distribusi tidak ada masalah, dan juga mungkin pasokannya yang dipastikan lagi, agar bisa segera diinventarisir,” ujarnya, saat Rakor Pengendalian Inflasi secara virtual di Aula Jayang Tingang, Senin (27/2/2023).

Ia memastikan menjelang Hari Besar Keagamaan (HBK) Tim Satgas Pangan akan ikut andil di lapangan melakukan pengecekan terkait ketersediaan panas dan jalur distribu-si.

“Kita tetap melakukan koordinasi, sehingga upaya yang telah dilakukan bisa menekan laju inflasi dan ketersediaan pasokan menjelang hari raya besar nantinya,” jelasnya.

Sementara itu, dalam arahannya Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Mendagri) Tito Karnavian mengatakan, inflasi dipengaruhi komponen penyumbang, seperti inflasi barang dan jasa yang perkembangan harganya diatur Pemerintah dan inflasi barang dan jasa mengenai perkembangan harganya.

Tito menyebut, setelah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dicabut, mobilitas dan belanja masyarakat harus digenjot, dengan memanfaatkan even seni dan olahraga.

“Karena itu perlu mempermudahkan perizinan untuk meningkatkan perekonomian, salah satunya mempromosikan desa wisata untuk menyerap produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di daerah.

Tito menegaskan, menghadapi pertumbuhan ekonomi dan pengendalian inflasi, ia meminta agar kepala daerah terus melakukan monitoring setiap minggu dan menjaga pertumbuhan ekonomi dan inflasi.

“Karena melalui kontribusi pertumbuhan ekonomi daerah sangat penting dalam me-nunjang perekonomian nasional, pelaksanaan rapat TPID (Tim Pengendali Inflasi Daerah secara rutin, serta daerah yang kurang terkendali inflasi segera lakukan intervensi pengendalian,” tegasnya.

(Era Suherti)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments