P. Raya

Pasar Murah Di Empat Lokasi Kabupaten Di Kapuas

PALANGKA RAYA - Wakil Gubernur Kalteng  salurkan beras subsidi pada Pasar Murah di Kabupaten Kapuas, Selasa (19/3/2024) di empat lokasi, yakni Kecamatan Basarang, Kecamatan Selat, Desa Sei Tatas, dan ini Kecamatan Kapuas Timur (Anjir Serapat).  Masyarakat sangat antusias dengan adanya Pasar Murah tersebut. 

Pada pasar Murah ini disalurkan beras murah senilai 10 kg per paket kepada masyarakat setempat, Sebelumnya Pemerintah Provinsi Kalteng melepas 1.420 ton beras subsidi untuk dibagikan kepada masyarakat melalui kegiatan Pasar Murah di 14 Kabupaten/Kota. Di Kabupaten Kapuas ini, beras subsidi yang tersedia sebanyak 250 ton atau 25000 paket. 

Saat membuka Pasar Murah di Kecamatan Basarang, Wagub mengatakan kegiatan Pasar Murah ini merupakan kegiatan rutin Pemerintah Provinsi Kalteng yang bertujuan untuk stabilisasi harga pangan dan juga mengatasi inflasi daerah.

“Kabupaten Kapuas ini adalah Lumbung Padi  Pangannya Kalteng, khususnya padi. Oleh karena itu, jangan sampai padinya dari Kapuas, tetapi berasnya diolah di Provinsi Kalsel, dan dijual lagi ke masyarakat Kalteng dengan harga tinggi,” jelasnya.

Lebih lanjut Wagub menambahkan, untuk mendukung ketahanan pangan di Kalteng, tahun ini akan dibangun Rice To Rice (RTR) yaitu mesin untuk penggilingan padi/pengolahan padi. Selain itu, juga ada program 51 ribu hektar untuk optimasi lahan rawa di Kabupaten Kapuas. 

Pasar Murah di Kantor Kecamatan Basarang ini ada 1600 paket beras seharga 175 ribu rupiah, namun Pemerintah Provinsi Kalteng memberikan subsidi sebesar 155 rupiah sehingga masyarakat cukup membayar Rp 20,000 saja.

Wagub menerangkan, kualitas beras pada Pasar Murah ini adalah beras medium yang bagus dan tidak berbau, sehingga layak untuk didistribusikan ke masyarakat. 

“Kualitas beras kita di Bulog sangat terjaga sehingga bisa digunakan oleh masyarakat yang membutuhkan,”Tutupnya.

Kegiatan dihadiri unsur Forkopimda dan jajaran Pemkab Kapuas, Staf Ahli Gubernur Kalteng Bidang Kemasyarakatan dan SDM Suhaemi, Staf Ahli Gubernur Kalteng Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Yuas Elko, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi Kalteng Sri Widanarni,Kepala TPHP Provinsi Kalteng Sunarti, Kepala Dinas P3APPKB dr. Linae Victoria Aden, serta Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemerintah provinsi

 

(Era Suhertini)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments