Politik

PDIP Lebih Utamakan Membantu Rakyat Dari Pada Bahas Capres

Makassar - Bagi PDI Perjuangan (PDIP), saat ini konsentrasi utama bukanlah membahas soal calon presiden (capres), tetapi bagaimana mengerahkan energi membantu rakyat.

Hal ini disampaikan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto saat menjawab pertanyaan media di Kampus Universitas Hasanuddin, Makassar, Kamis (28/7/2022), usai jadi pembicara di kuliah umum tentang geopolitik Soekarno.

"Bagi PDI Perjuangan yang penting sekarang membantu rakyat. pencalonannya kan bulan Agustus tahun depan. Masih satu tahun lagi. Jadi mengapa kita buang energi dengan wacana tersebut. Bagi kami segala sesuatu ada waktunya, ada momentumnya, sesuai tahapan Pemilu," kata Hasto.

Hasto menegaskan itulah alasannya kenapa PDIP tidak larut dalam pembahasan capres. Meskipun kemudian oleh sejumlah pihak, dianggap sikap itu sebagai bentuk tak ingin menjalin kerja sama atau koalisi. Ada juga yang menyalahartikan makna koalisi tunggal.

Pria yang sedang mengambil program doktor di Universitas Indonesia ini mengatakan, pada waktunya, akan tiba saat membahas soal capres dan kerja sama untuk mengusung capres, termasuk memberi komitmen saat pemerintahan berjalan nantinya.," ucap Hasto.

Bagi PDIP, sebelum capres ditetapkan, butuh pemikiran serta perenungan mendalam soal sosok seperti apa yang dibutuhkan oleh Indonesia dan rakyatnya. Pada saatnya, Ketua Umum Megawati Soekarnoputri akan memutuskan berdasar semua proses tersebut.

"Harus diingat, presiden dan wakil presiden itu harus didukung oleh satu konsepsi tentang pembangunan masa depan seperti apa. Jadi tidak sekedar bicara capresnya, namun pemimpin yang bekerja dengan ideologi, yang memberikan direction atau arah, yang bekerja dengan platform, dan keberpihakan kepada kepentingan masyarakat luas," tambah Hasto.

(PDI Perjuangan/Samhadi)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments