Nasional

Pelaku Industri Wisata Bali Mantap Dukung Ganjar

BALI - Dukungan untuk pasangan Capres Cawapres 2024, Ganjar Pranowo-Mahfud MD terus bertambah. Kali ini, ribuan pelaku pariwisata Bali menyatakan sikap, siap memenangkan Ganjar-Mahfud menjadi pemimpin tertinggi di negeri ini.

Dukungan itu diberikan oleh ribuan pelaku pariwisata Bali secara langsung kepada Ganjar di Hotel Prime Plaza Sanur Bali, Rabu (1/11/2023). Hadir dalam acara itu, mantan Gubernur Bali, I Wayan Koster, mantan Wagub Bali Cok Ace dan para pelaku industri pariwisata lainnya.

Dalam kesempatan itu, Cok Ace yang juga menjabat sebagai Ketua BPD PHRI Bali mengajak semua pelaku industri pariwisata solid memenangkan Ganjar. Sebab menurutnya, hanya Ganjar calon presiden yang peduli pada pengembangan pariwisata.

"Kami solid mendukung dan memenangkan pak Ganjar sebagai presiden 2024. Kami yakin dan optimis, pariwisata Indonesia khususnya Bali akan lebih maju di bawah kepemimpinan Ganjar Mahfud," tegasnya.

Cok Ace menerangkan, pariwisata Bali merupakan pariwisata budaya. Dan Ganjar menurutnya sangat memahami hal itu. Dibuktikan dengan keberhasilan Ganjar menghidupkan kembali Kota Lama Semarang dan kawasan Borobudur.

"Itu menunjukkan komitmen beliau sebagai pemimpin yang peduli pada budaya sebagai akar pariwisata. Komitmen beliau melestarikan budaya cukup besar, tentu kami optimis Indonesia lebih maju dipimpin beliau. Karena hanya beliau yang paham terhadap pelestarian budaya dan sudah melakukannya," jelasnya.

Ia yakin di bawah kepemimpinan Ganjar akan muncul Bali baru di Indonesia. Dengan kearifan lokal masing-masing, Ganjar akan mampu menggaungkan pariwisata di berbagai daerah di Indonesia.

"Apalagi pak Ganjar juga sangat konsen pada pengembangan industri kreatif. Ini sejalan dengan pengembangan wisata secara keseluruhan," pungkasnya.

Sementara itu, Ganjar mengucapkan terimakasih atas dukungan dari para pelaku wisata Bali. Ia berharap para pelaku wisata Bali berkontribusi memberikan masukan padanya dalam pengembangan pariwisata lain di Indonesia.

"Kalau bicara pariwisata di Indonesia ya Bali. Untuk itu saya berharap ada masukan dan saran dari para pegiat wisata di sini, agar pengembangan pariwisata di Indonesia semakin cepat. Dan tidak hanya di Bali, tapi di daerah lain di Indonesia," ucapnya.

Dalam acara itu, Ganjar juga menggelar dialog dengan para pelaku industri pariwisata Bali. Sejumlah problem disampaikan, mulai daya dukung lingkungan, sampah, infrastruktur parkir dan lainnya. 

Masukan-masukan itu ditampung dan didengarkan Ganjar dengan cermat. Ia mengatakan, pariwisata memang harus ditata dan tidak boleh mengesampingkan faktor pelestarian lingkungan.


(Tinus)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments