P. Pisau

Pelatihan Keamanan Pangan untuk UMKM oleh Dinas Kesehatan Pulang Pisau

PULANG PISAU- Bertempat di Auditorium RSUD Pulang Pisau, pada hari Selasa, (17/09/2024),  Dinas Kesehatan Kabupaten Pulang Pisau menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) mengenai Keamanan Pangan (PKP) untuk pelaku Industri Rumah Tangga Pangan (IRTP). dan dihadiri oleh para pelaku usaha dari tingkat kecamatan.

Dalam kesempatan tersebut dr. Pande Putu Gina selaku Kepala Dinas Kesehatan,  menyatakan bahwa tujuan dari Bimtek ini adalah untuk memberikan dukungan kepada UMKM di Pulang Pisau. Dengan pelatihan ini, diharapkan para pelaku usaha dapat memproduksi pangan yang sesuai dengan standar kesehatan. Tentunya selama pelatihan, para peserta nantinya  akan mempelajari teknik pengolahan pangan yang aman, pengemasan yang baik, serta penyajian informasi yang memenuhi standar kesehatan yang ada.

Ia juga menambahkan bahwa pengetahuan yang diperoleh akan membantu peserta dalam memasarkan produk mereka tidak hanya di pasar lokal tetapi juga di tempat perbelanjaan modern. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan daya saing produk UMKM dari Pulang Pisau.

Sebanyak 49 peserta dari lima kecamatan, yakni Kahayan Hilir, Jabiren Raya, Kahayan Tengah, Maliku, dan Pandih Batu, mengikuti kegiatan ini. Dinas Kesehatan berencana mengadakan Bimtek serupa setidaknya dua kali dalam setahun untuk terus mendukung pelaku usaha.

Terakhir Edi Purwanto Casmani selaku Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan,  menambahkan bahwa peserta yang mengikuti pelatihan ini akan menerima sertifikat yang memungkinkan mereka mencantumkan izin edar pada kemasan produk mereka. Sertifikat ini menunjukkan bahwa produk telah memenuhi standar kesehatan dan aman untuk dikonsumsi, tutupnya.

(Marselinus)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments