P. Raya

Pelatihan Penemuan Kasus Malaria Oleh Kader Pada Populasi

Pelatihan Penemuan Kasus Malaria Oleh Kader Pada Populasi, Khusus Kabupaten Gunung Mas Dan Kapuas Provinsi Kalimantan Tengah  Angkatan I Tahun 2022.

Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah mengadakan.kegiatan.penemuan Kasus Malaria pada kader populasi bertempat di Hotel Neo Palangka Raya Rabu 21 September 2022. Kepala Dinas kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah dr. Suyuti Stamsul. MPPM membuka acara sekaligus. 

Dalam arahanannya dikatakan, salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas bidup hidup manusia adalah membebaskan masyarakat dari malaria, karena. Malaria merupakan salah satu penyakit menular yang berdampak kepada penurunan kualitas sumber daya manusia dan dapat menimbulkan berbagai masalah. 

Adapun yang menjadi tujuan program pencegahan dan pengendalian malaria di indonesia adalah mencapai eliminasi malaria di Indonesia pada tahun 2030 secara bertahap dimana regional Kalimantan diharapkan pada tahun 2027  regional Kalimantan nencapai eliminasi. Malaria pada bulan Juli 2022. Beberapa minggu lalu sudah di seminarkan di tingkat pusat oleh komisi ahli. Malaria dan dinyatakan terpenuhi/tercapaii eliminasi malaria Kabupaten Gunung Mas. 

Berdasarkan penelusuran di lapangan pekerjaan penambangan merupakaan salah satu faktor penyebab penularan malaria. Permasalahn yang timbul adalah penambangan secara ilegal lebih banyak ditemukan  penderita malaria  di beberapa lokasi di Kalimantan Tengah, 

Pada Tahun 2021 Pekerja tambang menyumbang 75 persen dari total kasus positif malaria di Kalimantan Tengah. 94 Persen pekerja tambang yang positif malaria berasal dari Kabupaten Murung Raya, Kapuas dan Gunung mas .

(Era Suherti)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments