Nasional

Pelatihan Seni Merangkai Janur Mahasiswa Akk Jogjakarta

JOGJAKARTA - Puluhan  Mahasiswa, Mahasiswi Dari Akademi Kesehatraan Sosial, Kesejahtaan Keluarga, AKK Jogjakarta mengikuti pelatihan seni merangkai janur, daun kelapa.  Karya seni dengan bahan dasar janur, diyakini hingga kini masih ditetap eksis dan keberaannya dibutuhkan untuk event event tertentu tidak hanya saat menggelar hajat pernikahan saja. 

Pelatihan yang di ikuti puluhan mahasiwa(i) dari AKK Jogjakarta ini sekaligus merupakan ujian praktek  akhir semester, mata kuliah tata boga. Kegiatan pelatihan di adakan di sekretariat omah selarong, kembang putihan, pajangan bantul jogjakarta, pada Kamis, 11 Juli 2024. Seni merangkai janur sendiri adalah seni warisan budaya yang adiluhung produk lokal indonesia. Pelatihan diberikan kepada para mahasiswa sendiri agar mereka lebih mengenal seni merangkai janur. Janur sendiri dalam pembuatannya mengandung banyak sekali filosoi hidup, dari cara memotong, melipat, merangkai hingga memperlakukan janur itu sendiri sebelum menjadi sebuah karya.

Di indonesia khususnya daerah tropis banyak ditemui pohon kelapa, hingga negeri ini di juluki negara nyiur melambai. Daun kelapa yang muda inilah yang paling dominan digunakan  dalam acara perkawinan dan acara adat. Serta keagaaman.di era saat ini, rangkaian janur dapat dikombinasikan dengan seni lainnya dan bagi mahasiswa AKK mereka mengkombinasikan  janur sehingga menjadi hiasan atau digunakan sebagai wadah dan hiasan suguhan kuliner.

Salah seorang Dosen Akademi Kesejatraan Sosial Keluarga Jogjakarta, Agoestin Kemalawati, mengatakan, seni merangkai janur masuk dalam mata kuliah tata boga. Hasil prakarya mahasiswa di nilai seperti kerapian, kesesuaian, tata cara membuat dan memperlakukan helaian daun kelapa serta fungsi masing masing karya.

Aliansyah Alvando, Ketua Kelas, Mahasiswa AKK ,mengatakan, banyak ilmu dan pengalaman yang dia data saat mengikutin pelatihan hari ini. Janur dapat di rangkai dengan hiasan dan bahan lainnya. Materi yang diberikan hari ini salah satunya membuat hiasan dan kelengkapan sajian kuliner.

AKK sendiri adalah akademi kesejatraan sosial, jogjakarta, di bawah Naungan Yayasan Samodra Ilmu Cendikia Yogjakarta, dengan 3 bidang disiplin ilmu, prodi, diplima 3. Tata boga, tata busana, dan tata rias. Yang berada di Kawasan Jalan Nitikan Baru No  69 , Sorosutan Kecamatan Umbul Harjo, Jogjakarta.

(Olivia Teja)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments