P. Raya

Pelepasan Hinting Pali PT. CAA

PALANGKA RAYA - Setelah disepakatinya bentuk perdamaian kasus sengketa tanah antara masyarakat desa parahangan dengan Pihak PT. Citra Agro Abadi di Ditkrimsus Polda Kalteng. Pihak Fordayak berserta ormas yang diberi kuasa oleh pihak penggugat membuka hinting pali yang ada di kantor PT. CAA dan di lokasi kebun, kamis 6 mei 2021.

Kasus atau perkara lahan 200 hektar melalui putusan damang Kahayan Tengah telah selesai dan tuntas dalam bentuk perdamaian bersama.

Sebagai pengingat, Ritual Adat Hinting Pali dilaksanakan pada kamis 25 maret 2021 dan berlokasikan di kantor PT. Citra Agro Abadi jl. Argopuro Bukit Hindu Kota Palangka Raya. Setelah kedua belah pihak dipertemukan di Ditkrimsus Polda Kalteng Selasa, 04 Mei 2021 untuk menyepakati bentuk perdamaian melalui beberapa keputusan yang disepakati bersama, maka Ritual pelepasan hinting pali digelar beberapa hari setelahnya yakni kamis 6 mei 2021.

Adapun yang dipersiapkan saat digunakan dalam melaksanakan ritual pelepasan hinting pali meliputi alat alat pedupaan, 1 ekor babi hutan dan 1 ekor sapi. Di hari yang sama pelepasan hinting pali juga dilaksanakan di lokasi kebun di desa Parahangan kecamatan Kahayan tengah kabupaten Pulang Pisau.

 

(Hary Reymondo)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments