P. Raya

Pemberangkatan Bantuan Dampak Banjir  Yang Kedua 4000 Paket Dan 5000 KK terdampak Banjir

PALANGKA RAYA - Gubernur Kalteng  H. Sugianto Sabran dan didampingi Sekda Provinsi Kalteng  Katma F. Dirun melepas pemberangkatan tim dan bantuan logistik tahap 2 (dua) untuk masyarakat terdampak banjir di Kabupaten Murung Raya, bertempat di halaman Kantor Gubernur Kalteng, Senin (21/10/2024).

Gubernur H. Sugianto Sabran saat diwawancarai awak media di sela-sela kegiatan mengatakan bantuan yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi  Kalteng ini adalah sebagai bentuk perhatian kepada masyarakat yang terdampak banjir.

“Saya memerintahkan BPBPK Provinsi Kalteng  untuk cepat tanggap dengan membuat dapur umum di daerah terdampak banjir, ada lebih dari sekitar 5000 kk yang terdampak. Usahakan supaya dibantu maksimal,"Jelasnya  Gubernur. 

Bantuan Kesehatan dari provinsi Kalteng juga segera dikirim ke daerah untuk membantu masyarakat di Kabupaten yang terdampak banjir, “ Dalam tiga hari ini saya minta maksimalkan bantuan di daerah Murung Raya termasuk penanganan pasca banjir," imbuhnya.

Lebih lanjut Gubernur Kalteng menegaskan,  pentingnya antisipasi pelaksanaan pemilu 2024 di puncak musim hujan. Berdasarkan prediksi BMKG puncak musim hujan akan banyak terjadi pada bulan November hingga Desember 2024 di wilayah Indonesia bagian barat dan bulan Januari hingga Februari 2025 untuk wilayah Indonesia timur.

Diinformasikan, jumlah paket bantuan tahap dua yang dikirim untuk membantu masyarakat di Kabupaten Murung Raya sebanyak 4.297 paket. Masing-masing paket terdiri dari 10kg beras, 1 kg gula pasir, 1 botol minyak goreng (1 liter), 1 kaleng sarden, 1 bungkus kopi 150gram, 10 bungkus mie instan, 2000 kaleng biskuit Khong Guan serta obat-obatan.

Di tempat yang sama, Plt. Sekda Provinsi  Kalteng Katma F. Dirun saat mendampingi Gubernur melepas keberangkatan berharap banjir yang melanda daerah Barito bisa segera cepat surut. “Semoga Allah SWT memelihara semua personil kita dalam keberangkatannya dan semua terjaga selamat sampai dengan tujuan dan banjir di daerah Barito semoga cepat surut,"Ucapnya.

Sementara itu, tim reaksi cepat yang diberangkatkan terdiri dari personil BPBPK Provinsi Kalteng, tenaga kesehatan dari Dinkes Provinsi Kalteng serta RSUD Doris Sylvanus dan Satpol PP Provinsi Kalteng untuk kebutuhan evakuasi dan distribusi bantuan serta pelayanan kesehatan kepada masyarakat terdampak banjir.

Sebagai informasi, pada Minggu (20/10/2024) Pemerintah Provinsi Kalteng telah mengirimkan bantuan logistik dan peralatan yang dapat membantu korban banjir di Kabupaten Murung Raya. Sebanyak 1.000 paket yang dikirimkan untuk menyuplai dapur umum dan sebagian diarahkan untuk korban bencana langsung.

Berdasarkan laporan sementara kondisi banjir di wilayah Kabupaten Murung Raya dengan perkembangan data per tanggal 19 Oktober 2024 Pukul 19.00 WIB terdapat enam kecamatan dengan total 33 kelurahan/desa yang terdampak banjir. Pemberangkatan tim dan bantuan paket sembako tahap 2 (dua) untuk masyarakat  4000 Paket, terdampak banjir 

Kegiatan dihadiri  Oleh, Sekda Provinsi Kalteng, Kepala Dinas Disperindag,Kepala Dinas Disbubpar, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM ,Kepala Dinsos, Kepala Nakertran, Dan semua Perangkat Kepala Daerah.

 

(Era Suhertini)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments