P. Raya

Pembukaan Festival Anak Shaleh Indonesia (FASI).

PALANGKA RAYA - Plh. Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Pemkesra) Setda Provinsi Kalteng Maskur buka Festival Anak Shaleh Indonesia (FASI) XII Tingkat Provinsi Kalteng, di Aula Asrama Haji Al- Mabrur Palangka Raya, Jumat (11/10/2024). 

Sambutan Gubernur Kalteng yang disampaikan  Maskur mengatakan, dengan Festival Anak Shaleh ini diharapkan dapat dijadikan sebagai wahana dalam membangkitkan potensi dan kreativitas para santri melalui pengembangan kecerdasan intelektual, emosional, dan spiritualnya.

“Festival Anak Shaleh Indonesia Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah ini merupakan bagian dari sistem pembinaan TK Qur`an, TPQ dan TQA sekaligus ajang seleksi untuk penyiapan dan pengiriman duta FASI ke tingkat nasional,"Ucap Maskur.

Ia mengatakan, FASI membawa misi yang sangat mendasar, yaitu pentingnya memperkenalkan dan menanamkan nilai-nilai Al-Qur`an sejak usia dini, sebagai wadah dalam pembentukan insan yang berkarakter Islami, di tengah era modernisasi dan digitalisasi saat ini.

Lebih lanjut Maskur mengatkan, Saya berharap kegiatan ini tidak hanya sekedar menjadi ajang perlombaan semata, tetapi mampu menumbuh kembangkan bakat dan kecerdasan spiritual, serta menjadikan nilai-nilai Al-Qur`an sebagai cara pandang hidup sebagai umat beragama,"Jelasnya.

Ia juga berharap kegiatan ini tidak hanya melahirkan anak-anak terbaik yang akan mewakili Provinsi Kalteng pada tingkat nasional, tetapi juga mampu menggugah kesadaran bahwa pentingnya mempersiapkan generasi yang beriman, berilmu dan berakhak mulia.

"Saya juga mengingatkan agar kita selaku orang tua dapat membekali anak-anak dengan ilmu-ilmu agama, menanamkan akhlak yang baik dan memelihara pergaulan mereka dari pergaulan yang keliru. Dengan bekal yang demikian, Insyaallah anak-anak kita akan selamat dalam menghadapi perkembangan dan perubahan zaman,"ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Umum Dewan Pengurus Wilayah Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kalteng H. Rusansyah mengatakan, setelah pemenang lomba FASI diumumkan pada hari Minggu nanti, pihaknya akan langsung menyiapkan para Santri untuk mengikuti FASI tingkat nasional di Bekasi, Jawa Barat, pada tanggal 24-27 Oktober 2024 mendatang. 

"Saya berpesan kepada para peserta FASI untuk meningkatkan kemampuan membaca, menghapal dan mendalami Al-Qur`an melalui latihan bimbingan berkelanjutan yang dilakukan oleh Ustadz dan Ustadzah di taman pendidikan," tuturnya. 

Kegiatan dihadiri oleh,Ketua Dewan Penasehat BKPRMI Agustiar Sabran, Pj Bupati Barito Selatan Dedy Winarwan, unsur Forkopimda, Plt. Kepala Biro Kesra Setda Provinsi  Kalteng Ahmad Pahrunka, Ketua Pelaksana Abdul Majid, Ketua DPD BKPRMI Kabupaten/Kota se-Kalteng, Alim Ulama, Tokoh Masyarakat, dan Pimpinan Ormas Islam, Ustadz/Ustadzah, Santri TK/TPA, dan Remaja Masjid se-Kalteng
 

(Era Suhertini)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments