Barsel

Pemda Diminta Menginventarisasi Pustu dan Poskesdes Rusak

BUNTOK – Anggota DPRD Kabupaten Barito Selatan , Raden Sudarto, menyarankan agar instansi terkait menginventarisasi bangunan Puskesmas Pembantu (Pustu) dan Poskesdes yang kondisinya rusak di sejumlah desa di daerah setempat.

“Pada saat pembahasan pendalaman Kebijakan Umum Anggaran Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) beberapa waktu lalu, kita meminta agar dinas terkait menginventarisasi pustu dan poskesdes yang kondisinya mengalami kerusakan,” ucap Raden Sudarto, Sabtu (29/10/2022).

Ia mengatakan, inventarisir sejumlah bangunan pustu dan poskesdes yang mengalami kerusakan itu agar perbaikannya bisa dianggarkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

“Hal itu mengingat, anggaran untuk bidang kesehatan dalam APBD itu sebesar 20 persen dan kalau dianggarkan untuk perbaikan pustu dan poskesdes masih bisa dilakukan,” terangnya.

Menurutnya, rehab ini penting agar masyarakat desa bisa berobat pada pustu, dan begitu juga untuk bangunan poskesdes untuk bidan desa.

Untuk perbaikan pustu dan poskesdes ini lanjutnya, memang mengalami kendala, dan setelah dikonsultasikan dengan Dinas Kesehatan, kendalanya karena pembangunannya menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK), dan program penggunaan DAK ini setiap tahunnya berbeda dengan tahun sebelumnya.

“Kalau tahun ini programnya untuk pembangunan puskesmas, maka anggarannya tidak bisa dilakukan untuk merehab pustu dan bila dihibahkan juga mengalami kesulitan sebab berkaitan dengan aset,” ungkapnya.

(Ary mampas)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments