Katingan

Pemda Katingan Gunakan BTT 5 M Untuk Karhutlah

KATINGAN – Pemerintah Kabupaten Katingan siap menggunakan anggaran Belanja Tak Terduga (BTT) sebesar 5 Miliar, paskah ditetapkannya Tanggap Darurat Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutlah).

Dijelaskan Penjabat Bupati, Saiful, Karhutlah di Kabupaten Katingan terus menunjukkan peningkatan, sehingga untuk melakukan penanganan secara insentif, statusnya dinaikkan menjadi tanggap darurat dan memungkinkan untuk menggunakan anggaran Belanja Tak Terduga yang tersedia sebanyak 5 Miliar. 

“BTT bisa digunakan setelah adanya penetapan Bupati terkait status Tanggap Darurat, dan itu sudah ditetapkan karena kondisi kita saat ini, Karhutlah semakin meningkat,” Ungkap Pj Bupati Katingan, Saiful, Senin (2/09/2023).

Diakui Saiful, penggunaan BTT  menghadapi Karhutlah, akan disesuaikan dengan kebutuhan dilapangkan.

“Sekalipun anggarannya tersedia 5 miliar, tentu penggunaannya tidak serta merta diserap penuh, atau bisa saja anggaran tersebut tidak cukup, yang pasti kita akan evaluasi setiap 14 hari,” Ungkap Saiful.

Lanjut Saiful, dengan adanya komitmen bersama yang telah disepakati melalui penandatanganan yang dilakukan baik Satuan Organisasi Perangkat Daerah, Kodim 1019, Polres Katingan, dan pihak-pihak lainnya, penanganan Karhutlah di Kabupaten Katingan, semakin baik.

“Semoga penandatanganan yang dilakukan, benar-benar bisa dilaksanakan sehingga Karhutlah di Katingan bisa teratasi,” Tandasnya.

(Novryanto)


 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments