Nasional

Pemekaran Desa Untuk Percepat Pembangunan Dan Meningkatkan Pelayanan Publik

SEKADAU  - Bupati Sekadau, Aron, menghadiri syukuran Desa Semerawai, Kecamatan Nanga Taman, Kabupaten Sekadau, Kalimantan Barat, Minggu, 28 Februari 2023. Syukuran ini dilaksanakan setelah desa semerawai ditetapkan menjadi desa definitif. Diketahui ada tujuh desa yang dimekarkan di Kabupaten Sekadau pada akhir tahun 2021 lalu, salah satunya desa semerawai yang kini telah menjadi desa definitif.

Bupati Sekadau, Aron, mengatakan pemerintah kabupaten sekadau bekerja keras untuk menjadikan tujuh desa persiapan tersebut menjadi desa definitif. Adapun ketujuh desa tersebut yaitu sempulau indah, tigur jaya dan beringkat raya di kecamatan sekadau hilir.

Selain itu, ada dua desa di Kecamatan Nanta Taman yaitu Desa Semerawai dan Engkulun Hulu. Kemudian, ada dua desa di Kecamatan Belitang Hilir yaitu Desa Sepantak dan Melanjan Raya.

Aron mengatakan, Desa Semerawai merupakan desa terakhir yang menggelar syukuran. Aron mengatakan, Pemerintah Daerah Kabupaten Sekadau terus mendorong adanya pemekaran desa.

Pertama, kata Aron, hal itu untuk memperpendek rentang kendali. Artinya, masyarakat tidak jauh lagi ke kantor desa untuk mengurus administrasi dan lain sebagainya. Selain itu, pemekaran desa dilakukan untuk mempercepat pembangunan desa serta meningkatkan pelayanan publik.

Aron mengatakan, pemekaran desa ini bukanlah hasil kerja individu, melaikan kerja sama semua pihak. Untuk itu, aron juga mengajak masyarakat bersama-sama menjaga situasi dan kondisi agar selalu aman terlebih menjelang pemilu 2024.

(Yahya Iskandar)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments