Seruyan

Pemerintah dan Petani Perlu Kerja sama Menjaga Saluran Irigasi

KUALA PEMBUANG - Jajaran Dewan perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seruyan meminta agar semua petani bisa berkerjasama dengan pemerintah dalam menjaga fasilitas penunjang pertanian, guna meningkatakan hasil dari petani.

Anggota DPRD seruyan Bejo Riyanto mengatakan bahwa tanggungjawab dalam menjaga sarana dan prasarana pertanian merupakan tanggungjawab bersama antara petani dan pemerintah sehingga bisa mendapatkan kualitas yang maksimal.

“ Dalam mendapatkan hasil pertanian yang baik perlu adanya kerja sama petani dan pemerintah, baik dalam pemeliharaan fasilitas jalan tani, saluran irigasi, dan berbagai hal lainya. Jangan hanya dibebankan kepada pemerintah saja namun petani perlu juga andil dalam menjaga itu,” Katanya Selasa 30/5/2023.

Menurutnya masih banyak saluran irigasi di lahan petani yang penuh dengan tanaman liar dan tidak ada tindakan untuk membersihkanya. Hal tersebut menurutnya akan menggagu keberhasilan petani apabila hanya berharap pemerintah yang me-ngerjakanya. Sedangkan saluran irigasi tersebut merupakan sumber utama dalam mendukung keberhasilan para petani. Sudah seharusnya para petani juga ikut membantu menjaga agar saluran irigasi yang ada di sekitar kebunnya tetap terjaga dan bersih.

“ Pentingya kesadaran para petani untuk turut menjaga kebersihan saluran irigasi sekitar kebunnya untuk menjaga keberhasilan hasil pertaniannya. Kalau hanya menunggu pemerintah itu perlu waktu sebab penganggaran biaya dan berbagai hal lainya. Oleh karena itu bila pemerintah sudah melakukan pengerukan saluran irigasi petani juga harus bisa menjaga kebersihan saluran irigasi tersebut minimal sekitar kebunnya,” jelasnya.

(Giya)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments