P. Raya

Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah Optimalkan Implementasi Potensi Investasi Regional

PALANGKA RAYA - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah terus mengoptimalkan implementasi Potensi Investasi Regional (PIR) sebagai upaya mendukung perkembangan ekonomi daerah melalui pertumbuhan investasi. Untuk mencapai tujuan ini, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kalteng menggelar sosialisasi dan pelatihan Sistem Informasi PIR bertempat di Hotel Aquarius Boutique Hotel.

Kegiatan yang berlangsung pada Rabu lalu, dihadiri oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Kalteng, Sri Widanarni, yang mewakili Sekretaris Daerah Kalteng H. Nuryakin. Dalam sambutannya, Sri Widanarni menyampaikan harapannya agar sosialisasi dan pelatihan ini dapat memberikan pencerahan dan bekal pengetahuan kepada semua peserta, terutama calon admin dan operator PIR Kabupaten/Kota.

Kepala Bidang Penanaman Modal DPMPTSP Kalteng, Eka, juga memberikan sambutan dalam acara tersebut. Berdasarkan Program Dokumen Pelaksanaan Anggaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (DPA-SKPD) DPMPTSP Provinsi Kalimantan Tengah, kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan dan memberikan pemahaman mengenai Potensi Investasi Regional (PIR) kepada pejabat teknis Pengembangan Potensi Daerah Kabupaten/Kota se-Kalimantan Tengah. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan memberikan keterampilan dan kemampuan untuk penginputan pemuktahiran data dan informasi potensi serta peluang investasi daerah bagi calon admin dan operator PIR Kabupaten/Kota.

Ia menambahkan bahwa kegiatan ini juga bertujuan untuk menggali dan menghimpun data serta informasi guna penyempurnaan dan pemantapan penyediaan Peta Potensi dan Peluang Usaha Provinsi sehingga dapat memberikan output yang maksimal dalam menyediakan informasi tersebut.

Melalui implementasi dan optimasi Sistem Informasi PIR, pemerintah provinsi berupaya menyediakan informasi profil daerah yang mencakup data demografi, komoditas, pendapatan, UMR, dan infrastruktur pendukung. Hal ini diharapkan dapat menarik minat investor dan mendukung pertumbuhan ekonomi di Kalimantan Tengah.

(Hariri)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments