P. Pisau

Pemerintah Pulang Pisau Luncurkan Program Operasi Katarak Gratis untuk Warga

PULANG PISAU - Dipastikan pada pertengahan November 2024 nanti, Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau akan melaksanakan program operasi katarak gratis bagi masyarakat pada. Program ini bertujuan membantu masyarakat yang membutuhkan, terutama mereka yang mengalami gangguan penglihatan akibat katarak. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pulang Pisau, dr. Pande Putu Gina, mengungkapkan bahwa warga bisa mendaftarkan diri di Puskesmas terdekat untuk mengikuti program ini.

Pada hari Minggu, (22/09/2024), Dr. Pande menjelaskan bahwa operasi katarak ini sepenuhnya gratis, namun calon pasien diwajibkan mendaftar lebih dulu di Puskesmas untuk menjalani proses skrining awal. "Setiap keluhan mata belum tentu katarak, sehingga pemeriksaan awal diperlukan," ungkapnya lugas.

Tentunya setelah melalui diskrining di Puskesmas, pasien yang memenuhi syarat akan dirujuk ke RSUD untuk pemeriksaan lanjutan oleh dokter spesialis mata. Dokter spesialis tersebut akan memastikan apakah pasien dapat menjalani operasi katarak atau hanya pengobatan biasa saja.

Program ini merupakan bagian dari komitmen Penjabat Bupati Pulang Pisau, Nunu Andriani, dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat setempat. Dr. Pande juga menekankan bahwa program ini diharapkan dapat memberikan manfaat besar bagi masyarakat.

Terakhir ia menyampaikan himbauannya pada warga yang berminat, disarankan segera membawa keluarga yang membutuhkan ke Puskesmas di wilayah Kabupaten Pulang Pisau untuk menjalani pemeriksaan secepatnya agar  dapat mengikuti program ini.

 

(Marselinus)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments