Kotim

Pemilih Pemula Target Pada Pilkada Tahun 2024

SAMPIT Bupati Kotim Halikinnor mengatakan dari data partisipasi pada 2015 lalu hanya 50,9 persen. Kemudian terjadi peningkatan di tahun 2020 menjadi 65,20 persen. Oleh karena itu pemilih pemula menjadi target dalam meningkatkan partisipasi pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024. Sebab suara para pemilih pemula dinilainya sangat berpengaruh terhadap jumlah perolehan suara untuk Pilkada nantinya. 

“Saya berharap pada Pilkada tahun 2024 ada peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya,” katanya, Rabu 17 Agustus 2021.

Selain itu, jumlah pemilih pemula di wilayahnya cukup besar. Untuk merangkul para pemilih pemula itu perlu edukasi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat kepada mahasiswa dan para pelajar yang telah cukup umur untuk memberikan hak suara pada Pilkada nantinya. 

Sementara itu, Ketua KPU Kotim Siti Fathonah Purnaningsih mengungkapkan partisipasi pemilih terus mengalami peningkatan. Jika dibandingkan pada Pilkada tahun 2015. Tingkat partisipasi untuk pemilihan Bupati mencapai 50,09 persen dan untuk pemilihan Gubernur sebanyak 47 persen.

Untuk meningkatkan partisipasi pemilih itu baik pemilih pemula pihaknya akan terus berupaya dan menjadikannya sebagai tantangan terutama pada Pilkada serentak tahun 2024 mendatang.

(Altius)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments