Kotim

Pemkab akan Normalisasi Sungai Lenggana 

SAMPIT- Musibah banjir yang kerap melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), khususnya di desa-desa area pinggiran sungai. Oleh sebab itu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) akan menormalisi Sungai Lenggana yang berada di Kecamatan Mentaya Hilir Utara (MHU).

"Inya Allah dalam waktu dekat ini, Pemkab akan menormalisikan Sungai Lenggana sampai dengan Sungai Mentaya, saya berharap dengan normalisasi ini bisa meminimaliskan dampak banjir di sekitar wilayah tersebut," ucap Wakil Bupati Kotim Irawati, Rabu 1 Juni 2022.

Banyaknya masukan dari masyarakat, khususnya masyarakat di Desa Sumber Makmur.  itu langkah normalisasi dilakukan Pemkab. Sudah lebih 20 tahun Sungai Lenggana tidak pernah dinormalisasi atau dibersihkan. Sehingga sangat mungkin terjadi pengendapan sendimen yang dapat menyebabkan pendangkalan Sungai. 

"Ini adalah langkah awal untuk mengurangi dampak banjir di wilayah ini. Tidak hanya melakukan normalisasi saja tetapi Pemkab juga akan membuka parit atau selokan di sisi kiri dan kanan jalan desa yang tertutup akibat terlewari jalur HGU perusahaan," pungkas Irawati.

(Put/Humabetang)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments