Barsel

Pemkab Barsel Dukung Penuhnya Tahapan Pemilu 2024

BUNTOK - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Selatan (Barsel), Kalimantan Tengah mendukung sepenuhnya tahapan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024 sesuai instruksi Presiden.

Usai menghadiri acara peluncuran tahapan Pemilu Tahun 2024 secara virtual yang dilaksanakan serentak di seluruh Wilayah Indonesia, di Aula Kantor KPU Barsel, Selasa (14/6/2022) malam, Pj Bupati Barsel menyampaikan, "Kemarin pihak KPU sudah audiensi dengan kami dan ada beberapa poin yang diintruksikan oleh Presiden Republik Indonesia pada Tanggal 7 Juni 2024 kepada kami tentang pelaksanaan pemilu 2024,"

Salah satu poin yang disampaikan, imbuh Lisda, presiden meminta kepada sedikitnya 48 orang Pj Gubernur dan Pj Bupati se Indonesia yakni seluruh Pj Kepala Daerah diminta untuk mendukung tahapan-tahapan Pemilu dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Tahun 2024 nanti. "Oleh karena itulah melalui forum ini atas nama Pemkab Barsel, kami mendukung sepenuhnya pelaksanaannya nanti," ungkapnya

Dirinya menyampaikan, dalam hal penganggaran mungkin ketua KPU dan lainnya pun sudah tau, dana untuk Pilkada di Kabupaten Barsel sudah dianggarkan. "Dana untuk Pilkada ini memakan APBD yang tidak sedikit," ucap Lisda.

Lisda berharap pelaksanaan Pemilu 2024 dapat berjalan aman, lancar, sukses dan menghasilkan Pemilu yang berkualitas sebagai mana kita harapkan.

Sementara Ketua KPU Kabupaten Barsel Bahruddin menuturkan, pada pesta demokrasi di Tahun 2024 nantinya akan dimulai pada Tanggal 14 Februari dan ada 2 kali tahapan dalam pelaksanaannya. Pada tahap 1 pelaksanakan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden dan tahap ke 2 yakni acara puncak di Pemilu 2024 yaitu pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Wagub), Bupati serta Anggota Legislatif.

Ia menambahkan, saat ini sudah berada ditahapan menuju Pemilu serentak di Tahun 2024.  Dalam satu Bulan kedepan pihaknya mulai bergandengan dengan partai politik dalam rangka pendaftaran dan verefikasi partai politik. "Walaupun hal tersebut terpusat dilaksanakan di KPURI Jakarta, tapi kami tetap melakukan pendampingan terhadap partai politik di Daerah setempat," ujarnya.

Bahrudin menjelaskan, berdasarkan Peraturan KPU Nomor 3 yang sudah dikeluarkan oleh KPRI tentang tahapan pelaksanaan pemilihan serentak Tahun 2024, pada Bulan Oktober pihaknya sudah masuk untuk melakukan pencocokan dan penelitian terhadap daftar pemilih, jadi sebelum Bulan Oktober pihaknya sudah rekrutmen terhadap badan etho. "Maka dari itu kami pasti butuh dukungan dari semua pihak khususnya Pemerintah Daerah (Pemda) setempat sampai ketingkat Kecamatan dan Kelurahan serta Desa dalam rangka untuk mendapatkan penyelenggara ditingkat Kecamatan sampai Desa," Kata Bahruddin.

(Ary Mampas)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments