Barsel

Pemkab Barsel Felar Pelatihan Keterampilan Mengolah Aneka Makanan

BUNTOK – Pemerintah Kabupaten Barito Selatan (Barsel) terus berupaya meningkat-kan daya saing masyarakat melalui berbagai kegiatan pelatihan. Seperti pengolahan aneka makanan berbahan buah, sayur, ikan dan daging yang diikuti 40 peserta

Kegiatan yang dilaksanakan ini merupakan dukungan nyata pemerintah kabupaten terhadap pelaku industri kecil dan menengah yang ada di wilayah setempat,” kata Penjabat Bupati Barito Selatan, Lisda Arriyana, Jumat 17 Februari 2023.

Pemkab berharap kepada peserta agar dapat memanfaatkan pelatihan ini dengan sebaik-baiknya, untuk menambah pengetahuan dan wawasan bagi peserta. Dalam pelatihan yang dilaksanakan tersebut, para peserta diberikan pengetahuan dalam mengolah aneka makanan berbahan dasar buah, sayur, ikan dan daging yang memenuhi standar bernilai baik dari bentuk maupun kualitasnya. Dengan demikian, para peserta nantinya dapat memanfaatkan hasil ikan di perairan seperti sungai maupun peternakan, hingga sayur dan buah-buahan yang ada di daerah setempat untuk diolah menjadi aneka makanan bernilai ekonomis.

“Karena, melalui kegiatan yang dilaksanakan ini juga, para peserta dapat belajar membaca peluang pemasaran sesuai dengan keinginan pasar, sehingga ke depan mereka dapat menjadi kelompok usaha bersama sebagai dasar menuju pembangunan sentra industri,” demikian Lisda Arriyana.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Barito Selatan, Swita Minarsih mengatakan, kegiatan ini diikuti generasi muda dan ibu rumah tangga pemula. “Dalam pelatihan ini, sebanyak 20 peserta mengikuti pelatihan pengola-han aneka makanan berbahan buah, dan sayur. Sedangkan 20 peserta lainnya mengikuti pelatihan pengolahan aneka makanan berbahan ikan dan daging,” katanya. Ia mengatakan, kegiatan pelatihan yang dilaksanakan ini dalam upaya mengembang-kan dan menumbuhkan peluang usaha bagi masyarakat. Diharapkan para peserta dapat mengembangkan diri dan membuka usaha guna meningkatkan perekonomian keluarganya masing-masing.
 

(Ary Mampas)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments