Barsel

Pj Bupati Mendorong Batamad Berpartisipasi Membangun Daerah

BUNTOK – Penjabat (Pj) Bupati Barito Selatan (Barsel) Lisda Arriyana berharap sekaligus meminta kepada pengurus dan anggota organisasi Barisan Pertahanan Masyarakat Adat Dayak (BATAMAD) di daerah itu agar dapat memberikan kontribusi positif dalam pembangunan daerah.

“Kelembagaan adat Batamad merupakan mitra dari pemerintah,” katanya, Selasa 7 Februari 2023.

Menurutnya, banyak aspek dan permasalahan dalam kehidupan masyarakat yang dapat diselesaikan dengan mekanisme adat. Solusi melalui mekanisme adat akan selalu mengedepankan musyawarah mufakat untuk kebaikan bersama.

“Kalau para pemangku kepentingan melaksanakan peran dan fungsinya dengan sepenuh hati, tentunya sangat bermakna bagi terciptanya kondisi daerah yang kondusif, damai serta tenteram. Itu juga sangat bermakna dalam mendukung peran pemerintah daerah,” ucapnya.

Lisda Arriyana juga mendorong agar dapat dibentuknya Batamad pada tingkat desa dan kelurahan di wilayah Barito Selatan ini. “Batamad tingkat kelurahan dan desa ini dalam upaya mendukung pemberdayaan masyarakat dan membantu terciptanya suasana kondusif serta harmonisasi kehidupan masyarakat yang bermakna dalam pembangunan Barito Selatan pada umumnya,” tambah dia.

Selain itu juga, ia mengharapkan kepada seluruh komponen masyarakat adat untuk selalu bersama-sama mewariskan pengetahuan dan kearifan lokal ini kepada generasi mendatang. Sebab, hukum adat dan masyarakat adat bukanlah sistem yang statis. Keluwesan serta kedinamisan adat istiadat hendaknya terus dikembangkan dengan melibatkan generasi muda di daerah.

“Kalau kehidupan masyarakat adat tanpa upaya untuk mewariskannya kepada generasi berikutnya, maka pembangunan adat di daerah menjadi mati suri,” ujar lisda Arriyana.

Pengurus Batamad zona kecamatan tersebut dilantik ketua Brigade Batamad Kabupaten, Markopolo RG, dan dikukuhkan oleh Penjabat Bupati Barito Selatan, Lisda Arriyana.

(Ary Mampas)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments