Barut

Pemkab Barut Bimtek Cara Penerapan TTE

MUARA TEWEH -  Pemerintah Kabupaten Barito Utara melalui Dinas Kominfo dan Persandian melaksanakan  bimbingan tehknis tanda tangan elektronik (TTE) bagi perangkat daerah. Kegiatan dilaksanakan di aula DPRD  dan dihadiri Wakil Bupati Sugianto Panala Putra, Ketua DPRD Hj. Mery Rukaini, Sekretaris Daerah Drs. Muhlis, Staf Ahli Bupati, Asisten Setda, Kepala Perangkat Daerah, Camat dan undangan terkait lainnya.

Kepala Dinas kominfosandi H. Mochamad Ikhsan, AKS mengatakan, tanda tangan elektronik merupakan salah satu upaya percepatan transformasi digital. Hal ini selaras dengan SPBE yaitu mewujudkan tata kelola yang bersih, efektif, transparan dan akuntabel. 

Menurut Ikhsan, salah satu komponen pendukung SPBE dalam konsep birokrasi yang digalakan sejak lama ialah penerapan TTE di era transfortasi digital yang juga sudah diarungi bersama saat ini.Metode seperti ini, lanjut dia,  banyak keuntungan yang didapat ketika menggunakan tanda tangan elektronik sertifikasi diantaranya yaitu efisiensi waktu, kekuatan hukum setara dengan tanda tangan basah, identitas terjamin, hemat biaya pengeluaran dan ramah lingkungan. Sementara itu Wakil Bupati Sugianto Panala Putra menyampaikan, selaras dengan manfaat implementasi tanda tangan elektronik yang telah disampaikan oleh Kepala Dinas Kominfo dan Persandian.

Di mana juga telah diuji coba dalam beberapa surat yang diterbitkan secara digital dan mengakui bahwa tanda tangan elektronik dapat berdampak langsung dalam percepatan birokrasi dibanding dengan penggunaan tanda tangan basah secara umum. 

Selain tidak lagi terikat waktu dan tempat, TTE juga mampu meminimalisir penyalahgunaan dan pemalsuan tanda tangan orang yang bersangkutan, selain itu manfaatnya lebih cepat dan TTE juga lebih aman sehingga "Smart city Batara" dapat segera diwujudkan.

Lebih lanjut Sugianto Panala Putra berharap agar seluruh ASN dan kepala perangkat daerah sudah harus mulai membuka diri terhadap perubahan era digital dan kemajuan teknologi yang sudah tidak lagi bisa  dihindarkan, sehingga aparatur Pemerintahĺ siap mewujudkan E-GOVERNMENT dalam pelayanan publik menuju SMART CITY BATARA. 

Ia juga berpesan agar setelah diadakanya bimbingan teknis ini nantinya birokrasi tidak berbelit-belit dapat dipercepat dengan tetap mengedepankan asas dan kaidah peraturan naskah dinas yang telah ditetapkan, agar bekerja dapat dilakukan dimana saja, kapan saja untuk percepatan pelayanan kepada masyarakat di Bumi Iya Mulik Bengkang Turan.

Adapun narasumber pembicara dalam kegiatan teknis tanda tangan elektronik Kabupaten Barito Utara diisi oleh Kepala Bidang Persandian Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Propinsi Kalimantan tengah.

(Syarbani)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments