Barut

Pemkab Barut Peringati Hari Pahlawan Ke-94

MUARA TEWEH -  Pemerintah Kabupaten Barito Utara, melaksanakan upacara peringatan Hari Pahlawan 10 November Tahun 2022 yang ke-94. Sebagai Inspektur upacara Wakil Bupati Sugianto Panala Putra,  di halaman kantor bupati, kamis (10/11/2022). Hadir dalam peringatan unsur Forkopimda Barut Dalam sambutannya, Menteri Sosial RI Tri Rismaharini dibacakan Wakil Bupati Barito Utara mengatakan, Hari pahlawan setiap Tahunnya di peringati dengan renungan yang sungguh-sungguh untuk menemukan kembali  jejak para pahlawan dalam hidup kita sebagai bangsa dan negara merdeka. 

“Kita hidupkan kembali dalam benak kita perjuangan para pahlawan bangsa,” kata Wakil Bupati membacakan amanat Menteri Sosial Tri Rismaharini.

Dikatakannya, saat ini kita  berada dalam perjuangan besar menaklukan ancaman dan tantangan yang nyata berada di hadapan kita yaitu ,pemanasan global yang memicu beragam bencana alam, serta kelangkaan pangan, energy dan air bersih, kiranya perlu kita persiapkan dengan sungguh-sungguh.

Selain itu, kesiagaan menghadapi bencana alam termasuk pandemi covid-19 serta kelangkaan  sumber daya, harus senantiasa diperjuangkan secara bersama dengan kesungguhan.

“Kita mempunyai semua modal dasar untuk menjadi bangsa pemenang. Marilah kita bergerak bersama dan maju bersama dengan tekad menang, sekali merdeka tetap merdeka,” imbuhnya.

Untuk itu katanya, kita harus meneruskan pengembangan dan pemanfaatan energy baru dan terbarukan. Melakukan  pengembangan sumber pangan berbasiskan potensi dan kearifan lokal, sebagai solusi pemenuhan kebutuhan pangan dan memperkuat keragaman pangan.

Sugianto mengatakan, mereka pada masanya  mengajarkan  beragam nilai untuk di tiru, diwarisi dan  diikuti. Sehinga jejak kemenangan niscaya akan berada dalam gengaman.

Ditambahkannya, dari Aceh hingga Papua  semua melihat dan merasakan geliat serta semangat untuk bangkit makin menyala. Masyarakat dimanapun berada menyuarakan  gairah untuk berantas kebodohan dan perangi kemiskinan dalam arti yang luas. 

Mulai dari meningkatkan pengetahuan, melatih keterampilan, sampai dengan budidaya dan pengelolaan hasil bumi.

“Inilah tantangan yang sesungguhnya bagi para pejuang muda untuk mengelola kekayaan alam Indonesia yang luar biasa bagi kejayaan bangsa dan Negara tercinta. Mari kita merajut kesejahteraan, menjadi pahlawan bangsa di masa depan,”pungkasnya.

(Syarbaini / Huma Betang)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments