Kalteng

Pemkab Diminta Bantu Solusi Pemasaran Panen Petani

FOTO: GIYA/HUMA BETANG

ANGGOTA DPRD SERUYAN BEJO RIYANTO

 

KUALA PEMBUANG - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seruyan Bejo Riyanto, berharap kepada pemerintah daerah agar bisa segera mencarikan solusi bagi petani saat nanti memasuki masa panen. Sebab sering terjadi di wilayah Kabupaten Seruyan saat panen melimpah petani malah kesulitan menjual hasil kebunnya, terutama pada petani padi.

Bejo, mengungkapkan berdasarkan pada pengalaman tahun sebelumya saat para petani padi memasuki panen raya, hal yang paling sering terjadi adalah kesulitan untuk menjual hasil panen serta harga yang sering tidak stabil hingga sering merugikan para petani tersebut.

“Ini pengalaman yang sudah-sudah, terutama di wilayah Kuala Pembuang saat petani padi melakukan panen raya, harga padi langsung turun, bahkan sampai mereka kesulitan menjual padinya, ini karena di sini belum ada badan usaha daerah yang bisa membantu dalam permasalahan penjualan hasil panen dari petani. Hal ini hendaknya bisa segera dicarikan solusinya agar para petani bisa merasakan keuntungan saat panen raya,” ujarnya, Senin (10/01/2022). 

Menurutnya permasalahan  penjualan hasil panen, para petani masih jadi masalah yang harus ditangani pemerintah daerah. Sebab permasalahan inilah yang tiap kali terjadi bila masyarakat telah memasuki panen raya, dibutuhkan kebijakan pemerintah daerah guna mengatasi permasalahan tersebut hingga petani merasakan nikmatnya hasil  kerjanya.  

“Kami mendorong agar pemerintah daerah melalui dinas terkaitnya agar bisa segera menyelesikan permasalahan ini, tentunya ini kalau bisa di kelola dengan maksimal dan diatur secara benar, munkin akan berpeluang sebagai penambah PAD Kabupaten seruyan ini,” pungkasnya.

 

(Gita/Altius)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments