Kotim

Pemkab Kotim Wacanakan Segera Program Layanan Pbb Untuk Mempermudah Masyarakat Melakukan Pembayaran Pajak

SAMPIT- Kamis, 08/06/2023, Bertempat di Kantor Bapenda Kotim, peluncuran produk inovasi digital berupa e-layanan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), dihadiri oleh Wakil Bupati Kotim Irawati beserta jajaran Forkopimda.

Dalam peluncuran tersebut Wakil Bupati Kotim mewakili untuk menyampaikan ucapan Bupati Kotim Halikinnor yang mengatakan dengan diluncurkannya e-layanan PBB tersebut agar bisa mempermudah akses masyarakat baik dalam melakukan pendaftaran data baru objek pajak , mutasi subjek pajak PBB -P2, maupun dalam hal menyampaikan layanan keberatan PBB.

ia mengatakan, “ Kami mengharapkan masyarakat sebagai pengguna mendapatkan akses yang lebih mudah dan cepat dengan adanya layanan elektronik tersebut, sehingga pengguna bisa kapan saja dan dimana saja mengakses hanya dengan menggunakan internet yang terhubung, bisa melalui ponsel , tanpa harus datang langsung seperti biasanya yang membutuhkan waktu dan biaya”.

Selain itu dengan adanya kemudahan bagi pengguna mengakses tersebut, tentunya akan berdampak bagi pendapatan Daerah, karena bagaimanapun salah satu sumber penghasilan Pendapatan asli daerah  (PAD) bersumber dari pajak daerah.

Pada akhirnya nanti sumber penghasilan pajak tersebut dapat digunakan untuk pembangunan didaerah itu sendiri, hal ini sesuai dengan dasar dari Undang undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah , yang salah satunya dari PBB P2, karena dibutuhkan ketertiban masyarakat atau pengguna dalam melakukan pelunasan pajak secara kontinyu dan tepat waktunya.

Selain itu dia menegaskan, “ Bagi ASN dapat menjadi contoh dan tolak ukur bagi masyarakat dalam melakukan pembayae=ran pajak daerah secara tertib, jangan sampai justru ASN yang tidak melunasi kewajibannya”, tutupnya.

(Marselinus Darman)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments