Barsel

Pemkab Salurkan Vaksin Tahap Ke 2

BUNTOK - Guna menekan penyebaran virus rabies di Kabupaten Barito Selatan. Kalimantan Tengah. Pemerintah setempat melak-sanakan vaksinasi rabies tahap II. Kegiatan itu dihadiri Penjabat Bupati Barito Selatan Deddy Winarwan. 

Bertempat di halaman Sekolah Dasar Negeri I Sanggu. Penjabat bupati Barito Selatan Deddy Winarwan membuka secara resmi dimulainya penyuntikan vaksin rabies tahap II. Kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Ketahanan Pangan Pertanian Perikanan Peternakan itu juga dihadiri Kepala Dinas Perhubungan, Kadis PUPR, Kadis pendidikan ,Ketua TP PKK Barito Selatan, Hj Erna Deddy Winarwan  serta Kepala Dinas Instansi terkait lainnya.

Dalam kesempatan itu Pj Bupati menyaksikan penyuntikan vaksin hewan peliharaan secara simbolis. Disela-sela kegiiatan itu Deddy Winarwan mengatakan kegiatan itu dilaksanakan merupakan hasil rapat sehari sebelumnya yang disepakati bersama oleh satuan gugus tugas untuk melakukan percepatan dalam pencegahan dan penanggu-langan penyebaran virus rabies di Barito Selatan. Dikatakan juga, penyuntikan vaksin rabies terhadap hewan peliharaan yang dilaksanakan itu merupakan tahap II. Sebelumnya telah dilaksanakan pada bulan September 2022 lalu .

Dalam percepatan pencegahan dan penanggulangan penyebaran virus rabies itu Pemerintah  melibatkan seluruh elemen masyarakat. Seperti kader PKK, Kader posyandu, supaya menggerakan kadernya ditingkat kecamatan, Desa dan kelurahan. Agar mensosialisasikan pentingnya vaksinasi untuk hewan peliharaannya.

Melalui vaksin tahap II itu diharapkan dapat ditanggulangi kejadian luar biasa di Barito Selatan  Dia juga menghimbau kepada seluruh masyarakat jika mengetahui kejadian yang berkaitan dengan rabies tersebut supaya segera melaporkan kepada yang berwenang. Agar dapat segera tertangani, sehingga tidak menyebar.

Sementara itu kepala Dinas Ketahanan Pangan Pertanian Perikanan Peternakan Barito Selatan, Ida Safitri menyampaikan ketersediaan vaksin saat ini sebanyak  6740 dosis . Sehingga cukup aman hingga akhir desember 2023 mendatang . Lebih lanjut ida safitri menuturkan. Target vaksin tahap ke dua di Desa Sanggu, Kecamatan Dusun Selatan itu sebanyak 70 dosis,  Ia juga meminta dukungan masyarakat agar yang memiliki hewan peliharaan yang bisa menyebarkan virus rabies supaya bersedia dan mau menyerahkan untuk divaksin.

Tim penyuntikan vaksin rabies dari Dinas Ketahanan Pangan Pertanian Perikanan Peternakan di Desa Sanggu. Mendatangi dari rumah kerumah. Terlihat masyarakat di Desa Sanggu sangat pro aktif bersedia menyerahkan hewan peliharaannya untuk divaksin. Diharapkan dengan upaya pemerintah tersebut dapat mengasilkan sesuai yang diinginkan.

(Ary Mampas)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments