Nasional

Pemkab Sekadau Apresiasi Program Kemitraan Mandiri PT Agro Andalan

SEKADAU - Pemerintah Kabupaten Sekadau mengapresiasi pelaksanakan tanam perdana kemitraan mandiri PT Agro Andalan di Dusun Engkorong, Desa Sungai Sambang, Kecamatan Sekadau Hulu, Kabupaten Sekadau, Kalimantan Barat.

Wakil Bupati Sekadau, Subandrio mengatakan, pemerintah daerah kabupaten sekadau menyambut baik program kemitraan mandiri PT Agro Andalan. Program ini bisa menjadi role model untuk perusahaan-perusahaan lainnya.

Sebab, imbuh Subandrio, dirinya belum melihat program kemitraan seperti yang digagas oleh PT Agro Andalan. Subandrio menilai, program ini dapat membantu masyarakat yang memiliki lahan namun tidak memiliki modal untuk membeli bibit.

Dengan program kemitraan mandiri tersebut pihak perusahaan siap membantu masyarakat. Subandrio juga berharap PT Agro Andalan bisa menjadi contoh bagi perusahaan-perusahaan perkebunan lainnya di Kabupaten Sekadau.

Sementara itu, pimpinan PT Agro Andalan, imanuel tibian, program kemitraan mandiri ini adalah inovasi baru yang dilakukan oleh pihaknya. Masyarakat yang memiliki lahan namun tidak memiliki modal untuk membangun kebun dapat mengikuti program kemitraan mandiri tersebut.

Ia mengatakan, adapun skema kemitraan mandiri tersebut adalah semua tanah yang dimitrakan sepenuhnya menjadi milik pemilik tanah. Kemudian, ketersediaan bibit, pupuk, dan keterjaminan penerimaan tandan buah segar (tbs).

Untuk bisa ikut serta dalam program kemitraan mandiri tersebut, masyarakat harus menunjukkan legalitas lahan agar lahan yang dimitrakan tidak menjadi sengketa di kemudian hari. Selain itu, area lahan juga harus berada di sekitar hgu PT Agro Andalan.

Imanuel mengatakan, pada tahun ini perusahaan menargetkan 600 hektare dan mulai dari desa sungai sambang. Selanjutnya, desa nanga pemubuh, dan tapang perodah.

(Yahya Iskandar)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments