Business

Pemprov Kalteng Gelar Ratas Satgas Penangan Covid -19

PALANGKA RAYA - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) gelar Rapat Satgas Penanganan Prov. Kalteng Tahun 2022, bertempat di Aula Eka Hapakat, Kantor Gubernur Kalteng, Kamis 13 Januari 2022.

Rapat dipimpin langsung Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Prov. Kalteng Leonard S. Ampung.

Asisten Ekbang Kalteng Leonard S. Ampung dalam arahannya menyampaikan sebagai tindak lanjut dari Keputusan Presiden RI Nomor 24 Tahun 2021 tentang Penetapan Status Faktual Pandemi COVID-19 di Indonesia, Gubernur Kalteng menetapkan Surat Keputusan Gubernur Kalteng Nomor: 188.44/3/2022 tanggal 7 Januari 2022 tentang Perpanjangan Kelima Status Tanggap Darurat Bencana Pandemi COVID-19 di Wilayah Prov. Kalteng. 

Keputusan-keputusan tersebut didasarkan pada kondisi faktual bahwa pandemi COVID-19 belum berakhir dan bahkan dalam beberapa hari terakhir, terjadi kenaikan kasus harian COVID-19 yang disebabkan oleh varian omicron di Indonesia.  

Leonard juga menyampaikan bahwa Gubernur Kalteng telah menetapkan Surat Keputusan Gubernur Kalteng Nomor 188.44/4/2022 tentang Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Prov. kalteng tanggal 7 Januari 2022. Diharapkan melalui rapat Penanganan Prov. Kalteng Tahun 2022 ini semua memantapkan strategi penanganan COVID-19  varian omicron yang akan kita terapkan di Prov. Kalteng.

“Langkah-langkah yang sudah kita lakukan di tahun 2021 ketika menghadapi gelombang kedua harus semakin kita mantapkan," tutupnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Suyuti Syamsul saat menyampaikan paparannya menuturkan bahwa Kalteng masih terkendali, dan sampai saat ini belum ditemukan kasus Omicron.

Ia menjelaskan, apapun bentuk varian COVID-19 yang penularan melalui pernapasan, sebetulnya dapat ditangkal dengan penggunaan protokol kesehatan yang ketat. 

Suyuti menambahkan capaian vaksin di Kalteng, vaksin satu sampai dengan hari ini sudah mencapai 82 persen, dan vaksin dua sudah mencapai 42 persen.

Selain itu, langkah-langkah menghadapi varian omicron belajar dari varian Delta, Pemprov. Kalteng sudah mempersiapkan 1.627 ruang isolasi, 650 tabung oksigen dan ketersediaan obat-obatan.

(Deddi)

You can share this post!

Ratusan Warga Pengrajin Rotan Kehilangan Sumber Penghasilan

Ratusan Warga Pengrajin Rotan Kehilangan Sumber Penghasilan

0 Comments

Leave Comments