P. Raya

Peran Kelurga dan Lingkungan Penting Dalam Proses Pemulihan Pasien ODGJ

PALANGKA RAYA - Keluarga dan lingkungan memiliki peran penting dalam proses pemulihan ODGJ atau orang dalam gangguan jiwa. Hal itu di sampaikan plt Kadis Sosial Kalteng Noor Halim melalui Kepala Seksi Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas, Nurdin saat diwawancara di ruang kerjanya pada Selasa 11 Januari 2022.

ODGJ atau orang dalam ganguan jiwa, merupakan suatu kondisi kesehatan mental dari sesorang yang bermasalah dalam pikiran, prilaku dan perasaan sehingga dalam proses pemulihannya, keluarga dan masyarakat memiliki peran penting.

Hal itu selaras dengan apa yang disampaikan plt Kadis Sosial Kalteng Noor Halimm, melalui Kepala Seksi Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Nurdin saat diwawancara di ruang kerjanya mengatakan, dalam penanganan ODGJ ia lebih terfokus pada  pasien dari panti rehabilitasi sosial yang diperbolehkan kembali ke keluarganya, dimana keluarga dan masyarakat memiliki peran penting dalam meberikan perhatian pada orang tersebut seperti harus melalui pendekatan, motivasi, keterbukaan, dan dibarengi dengan kesibukan kerja dan sebagainya walaupun hanya menyapu.

Nurdi juga mengatakan, yang menjadi kunci dari pemulihan pasien ODGJ adalah, perhatian keluarga dan keterbukaan untuk menerimanya kembali termasuk juga lingkungan masyarakat agar tidak mencemooh orang tersebut.

 

(Fardoari Reketno)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments