P. Raya

Pemprov & PLN Tingkatkan Pengembangan Kelistrikan Di Kalteng

PALANGKA RAYA – Gubenur Kalimantan Tengah (Kalteng), Sugianto Sabran menerima kunjungan kerja dan silaturahmi General Manager PLN Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Barat (UIP KLB) Didik Mardiyanto. 

Gubernur menyambut baik kunjungan PLN UIP KLB ini. Ia menyatakan siap mendukung pembangunan proyek tenaga kelistrikan di Kalteng. “Sinergitas antara pemerintah dan PLN harus kita pererat agar pembangunan kita bisa berjalan dengan lancar,” ucap Sugianto, Minggu 21 November 2021. 

“Selain silaturahmi, PLN UIP KLB juga meyampaikan paparan dengan tujuan yang sama dengan pemerintah, yaitu pembangunan untuk kepentingan nasional khususnya bagi masyarakat di Provinsi Kalimantan Tengah,” ungkap Gubernur. 

Terkait hal ini, PLN siap untuk mendukung dan menyokong melalui suplai kelistrikan untuk pertumbuhan ekonomi Kalteng. Hal ini disampaikan oleh General Manager PLN Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Barat (UIP KLB) Didik Mardiyanto. Didik mengatakan pembangunan infrastruktur kelistrikan merupakan bagian dari pembangunan strategis nasional di Kalimantan Tengah (Kalteng). 

“Beberapa proyek yang tengah kami siapkan untuk menghubungkan sistem kelistrikan di Kalteng ke Kalimantan Barat, antara lain adalah Saluran Udara Tengangan Tinggi (SUTT) 150 kilo Volt (kV) jalur Kendawangan-Sukamara, Pangkalan Bun-Sukamara, dan Nanga BulikIncomer. Selain itu, terdapat pula Gardu Induk (GI) 150 kV Nanga Bulik dan juga GI Sukamara,” ujar Didik. 

Didik menyampaikan keberhasilan pembangunan proyek-proyek ini sangat bergantung pada dukungan pemerintah provinsi dan daerah, serta peran aktif stakeholder lainnya di setiap proses pembangunan, yaitu dalam upaya pembebasan lahan, perolehan perizinan, pelaksanaan sertifikasi tanah, dan juga selama proses konstruksi. 

Selain interkoneksi, turut dibahas pula dalam pertemuan tersebut pembangunan proyek kelistrikan lainnya di Kalteng, seperti pembangunan SUTT 150 kV Sampit-Kuala Pembuang, SUTT 150 kV PLTU Kalselteng-Kuala Kurun, SUTT Kuala Kurun-Puruk Cahu, dan GI yang berkaitan. Reorganisasi yang dilakukan PLN pada tahun 2021 ini menjadikan wilayah kerja PLN UIP KLB yang dulunya hanya berada di Provinsi Kalbar meluas hingga ke Kalteng.

 

(Deddi)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments