P. Raya

Penanganan Pengendalian Inflasi Di Kalimantan Tengah

PALANGKA RAYA - Rapat Koordinasi (Rakor) Inflasi di Daerah Bersama Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian secara Virtual di Aula Jaya Tingang Kantor Gubernur Kalteng , Senin 19 Desember 2022.

Dalam kegiatan tersebut Mendagri mengatakan berkat kerja sama antara pemerintah pusat dan Daerah, pengendalian inflasi secara Nasional relatif membaik.  “Kita melaksanakan Rakor mingguan atas perintah bapak presiden yang meminta penanganan inflasi ini sama dengan pola Penanganan Covid 19 yang di monotor secara mingguan” ungkapnya.

Lebih lanjut Tito mengatakan, inflasi atau kenaikan harga barang dan jasa ini sangat dinamis, tergantung mekanisme situasi geopolitik dan keadaan ekonomi termasuk ekonomi global . Inflasi kita turun dari 5,9 persen di bulan September menjadi 5,7 persen di bulan Oktober dan di bulan November inflasi kita 5,42 persen, “Ini diluar perkiraan Bank Indonesia, bahwa inflasi kita turun hingga mencapai 5,42 persen,” imbuhnya. 

Momen menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) permintaan barang ikut meningkat.  Tito menyebut perlu digencarkan monitoring dan langkah-langkah untuk mengembalikan angka inflasi secara Nasional.

Turut hadir Administrasi umum setda Propinsi Kalteng Sri Suwanto Staf Ahli Gubernur Kalteng bidang ekonomi dan keuangan dan pembangunan Yuwas Elko, unsur Forkopimda , Kepala. BPS Propinsi Kalteng Eko Marsono, Deputi Kepala perwakilan sistem pembayaran pengelolaan uang Rupiah,  dan manajemen Intern BANK Indonesia (BI)  perwakilan Kalteng Magfur, serta kepala perangkat Daerah Propinsi Kalteng.  

Hadir pula secara virtual deputi Bidang Statistik Distribusi dan jasa BPS Setianto, Deputi bidang ketersediaan dan Stabiltas Pangan Bapenas I Gusti Ketut Astawa,  Dirjen Kementerian Terkait sagas pangan serta Guberbur/Wakil Gubernur Bupati Walikota se - Indonesia .

(Era suherti)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments