P. Raya

Peringatan Hari HIV/ AID Sedunia Di Kalimantan Tengah

Palangka Raya - Ketua Tim Penggerak PKK dan pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Propinsi Kalimantan Ivo Sugianto Sabran  menghadiri Peringatan Hari HIV/AID Sedunia  dilaksanakan di kedai kopi Ujung Senja Jl.  G. Obos, Sabtu 17 Desember 2022.

Peringatam Hari HIV/AIDS sedunia diiniasi oleh badan koordinasi keluarga berencana Nasional (BKKBN)  Propinsi Kalteng, Momentum ini juga dikemas dengan pengukuhan duta generasi berencana (Genre)  perwakilan BKKBN Propinsi Kalteng periode 2022-2024 dan penyerahan hadiah festival film pendek duta genre yang dikukuhkan terdiri dari 42 remaja Putra dan Putri. Ada pun duta genre sebagai wadah pemberian akses informasi,  pendidikan, konseling dan pelayanan tentang kehidupan berkeluarga bagi remaja khususnya untuk remaja di Kalteng. 

Sedangkan daftar pemenang festival film pendek yakni Juara 1 Jadmiko dengan judul film (Makan Ikan Yuk) , juara II Dhimas Prasetyo (Sadar)  Juara III Aji jaya/Ahmad Hidayat (Kegagalanku Kesuksesan Untuk Anakku).  Editing terbaik Jatmiko dengan judul film Makan ikan yuk , sutradara terbaik Jadmiko , skenario terbaik Aji Jaya Ahmad Hidayat (Kegagalanku Kesuksesan Untuk Anakku), Sinematografi terbaik RR Anggoro Cegah Stanting Sejak Dini, dan pemeran terbaik ENT/Riant Anggoro (cegah stanting sejak dini). Dalam sambutannya Ivo Suvianto Sabran mengingatkan kepada para remaja melalui peringatan Hari HIV/AIDS sedunia ini untuk bersama-sama melakukan pencegahan , penanggulangan AIDS  bersama sektor terkait,  lembaga masyarakat,  swasta, dunia usaha , masyarakat sipil,  media massa, tokoh Agama,  tokoh adat dan masyarakat luas lainnya dalam menekan angka HIV /AIDS di Kalteng. 

Remaja harus punya komitmen yang kuat untuk menikah diusia ideal yaitu diusia 21 tahun untuk perempuan dan 25 tahun untuk laki-laki. Remaja  harus punya komitmen tidak melakukan sex bebas di luar nikah sebagai wujud kepedulian akan menghargai kesehatan reproduksinya serta harus bersih dari NAPZA yang dapat menghancurkan mental dan juga masa depan remaja. 

“Saya berharap kegiatan ini harus menghasilkan tujuan yang baik yaitu keterlibatan remaja yang peduli akan kesehatan reproduksinya sehingga pada akhirnya nanti kalteng mampu mrngurangi angka HIV/AIDS , “ jelasnya Ivo. 

Sementara Plt BKKBN Propinsi Kalteng Dedi Ahmad Roswandy dalam laporannya mengatakan momentum peringatan Hari HIV/AIDS sedunia bertujuan mengajak para remaja bersama-sama menjadi seorang remaja yang produktif dan berprestasi, dan mengajarkan remaja untuk berkomitmen mengubah diri menjadi seorang remaja yang berprestasi dan produktif walau pun tidak mudah dilakukan.  Namun sebagai remaja dituntut harus memiliki semangat tinggi dan berintelektual , karena remaja adalah pemuda yang menjadi calon pemimpin masa depan. 

Dalam kegiatan ini dihadiri unsur Forkopinda , Kepala Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Propinsi Kalteng Linae Victoria Aden,  Para Dewan Juri serta undangan lainnya. 

(Era Suherti)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments