Kobar

Penganugerahan Gelar Dari Kesultanan Kotawaringin

PANGKALAN BUN - Sehari jelang hari bhayangkara ke 77, pada Jumat 30 Juni 2023 Kapolres Kobar Akbp. Bayu Wicaksono, menerima penganugerahan, gelar kehormatan dari, Pangeran Ratu Alidin Sukma Alamsyah, Sultan Kotawaringin Ke 15, sebagai kekerabatan bangsawan, Kotawaringin yang bergelar, Ki-Ai Mada Perkasa, bertempat di aula, Istana Kuning, Kesultanan Kotawaringin P.Bun.

Penganugrahan gelar kehormatan merupakan yang pertama diterima pejabat dijajaran, Kapolres Kobar selama ini. Untuk mendapatkan gelar yang disematkan sultan ke 15, pangeran Ratu Alidin Sukma Alamsyah, Kepada Kapolres Kobar, Akbp Bayu Wicaksono bukan tanpa alasan. Selama ini kapolres ikut melestarikan tradisi, adat budaya, Kesultanan Kotawaringin.

Gelar Ki-Ai Mada Perkasa yang disematkan, untuk Kapolres Kobar Akbp, Bayu Wicaksono ditandatangani, oleh Sultan ke 15 Pangeran Ratu Alidin Sukma Alamsyah, yang berada di Kesultanan Solo Jawa Tengah.

Dengan menggunakan pakaian adat, Kesultanan Kotawaringin Kapolres, Akbp Bayu Wicaksono, menerima gelar tersebut dan diserahkan oleh, adik sultan ke 15 Pangeran Arsyadinsyah. Pangeran muasjidinsyah, yang merupakan pangeran kembar, diberi tanggung jawab sebagai, menteri dalam Kesultanan Kotawaringin sekarang ini. 

Situs kebudayaan kerajaan Kotawaringin, yang ada dan satu-satunya, di Kalimantan Tengah hingga sekarang, masih terjaga kelestariannya, dan masih berdiri kokoh hingga sekarang, peninggalan, bersejarah dari sultan ke 1 sampai dengan sultan ke 14, berupa bangunan kerajaan, yang disebut istana kuning.

(Rudi Bintoro)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments