Kalteng

Pengembangan Peternakan di Seruyan Hilir Timur Perlu Ditingkatkan

KUALA PEMBUANG - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seruyan Zuli Eko Prasetyo, menyampaikan bahwa keberadaan peternak merupakan salah satu alternative sumber usahan  bagi masarakat selain bertani, sebab dengan kondisi alam setiap wilayah akan memunculkan usahan atau pekerjaan yang dilakukan masyarakat setempat.

Seperti di wilyah Seruyan Hilir Timur banyak masyarakatnya yang menjadi peternak karena kondisi alam serta lahan yang sering kebanjiran sehingga menyebakan masarakat mencari usaha yang tidak terganggau dengan hal itu, dengan mengembangkan peternakan yang dirasa cukup menjajikan sebagai sumber usahanya.

“ peternakan ini merupakan salah satu alternative sumber usahan bagi masyarakat, sebab kondisi alam di Seruyan ini sangat mendukung dengan ketersediaan rumput yang melimpah sehingga saya yakin kalau peternakan ini benar-benar ditekuni akan menjadikan sumber usaha yang menjajikan,” katanya Sabtu 19/11/2022.

Menurutnya peretenakan yang dikembangkan oleh masyarakat saat ini masih perlu di kembangkan lagi. Dengan keterlibatan pemerintah daerah tentu akan semakin meningkatkan hasil dari peternakan masyarakat. Oleh karena itu pihaknya sangat mendukung agar pengembangan peternakan di Seruyan ini dapat lebih dikembangkan lagi.

Lebih lanjut dirinya  berharap dalam pengembangan usaha ternak pemerintah daerah juga harus memperhatikan apa yang paling diminati oleh masyarakat agar program yang diberikan dapat selaras dengan peternak tersebut, sehingga kedepanya bantuan yang akan diberikan benar-benar bermanfaat dan dapat menjadi sumber usaha bagi peternak tersebut.

“ dalam hal ini, saya berharap keterlibatan pemerintah harus sesui dengan keinginan dan usulan peternak, seperti di wilayah Seruyan Hilir Timur ini, banyak peternak yang mengembangkan ternak kambing. Kedepanya harus disediakan bantuan atau pun program peningkatan baai peternak kambing ini, sehingga program yang diberikan bisa dirasakan manfaatnya bagi peterna itu sendiri,” jelasnya

Menurutnya pengembangan ternak kambing sangat diminati oleh masyarakat, sebab nilai ekonominya cukup menjanjikan, karena masa produksinya cukup cepat dan nilai ternaknya yang cukup menjanjikan sehingga banyak masyarakat mengembanhkan usaha tersebut.

“ terkait pengembangan ternak kambing di seruyan ini saya sangat mendukung, sebab kita lihat sendiri saat ini banyak peternak yang telah berhasil mengembangkan usahanya, itu juga karena masa produksi ternak tersebut cukup cepat setahun melahirkan dua kali, dengan harga jual yang cukup tinggi. Makanya banyak masyarakat mulai beternak kambing, dan pakanyapun tidak sulit, banyak terdapat di sekitar kita hingga tidak perlu biaya untuk masalah pakan. Makanya, peternakan kambing ini sangat diminati,” pungkasnya.

(Giya)
 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments