P. Raya

Pengembangan Usaha Petani Muda Dalam Mengembangkan Strategi Sayuran Di Kelurahan Kalampangan

PALANGKA RAYA - Usaha sayuran di Kelurahan Kalampangan berpotensi untuk dikembangjkan di Kota Palangka Raya. Mengingat faktor alam yang sesuai untuk pertumbuhannya serta akses dan pemasarannya mendukung.

Meskipun demikian, belum cukup menjamin perkembangan pesat akan terjadi. Berbagai Faktor baik internal maupun ekternal sangat mempengaruhi per-kembangan usaha tani sayuran tersebut. Kondisi internal maupun eksternal usaha tani sayuran di Kelurahan Kalampangan harus dipertimbangkan dalam pengambilan startegi pengembangan yang baik.

“kiat petani Kalampangan untuk menjinakkan gambut adalah dengan kerja keras dan juga kearifan lokal yang mereka miliki. Pola tanam dalam usaha tani yang mereka usahakan cukup unik dan usaha tani di Kalampangan tidak mengenal musim, karena sayuran. Kelestarian lingkungan telah menjadi sarapan wajib bagi mereka, sebab mereka tahu akibat kerusakan lingkungan akan mengancam pendapatan dan kehidupan mereka.

Deni berkebun sejak tahun 2019 Tindakan dalam melakukan tanaman ini dengan cara memberi pupuk dan penetralan tanah dan pupuk organik serta penanaman bakteri-bakteri.

“Cara mengatasi hama  dengan cara memberi zak kimia, dan pengaruh cuasa saat proses pertumbuhan sayur tentu saja sangat berpengaruh besar . Alasan memilih menjadi seorang petani itu karena saya lebih menyukai bercocok tanam, berkebun dan karena tanahnya yang unik dan rasa penasaran menanam tanpa membakar.” ucapnya.

Ia berpesan kepada generasi muda jangan malu menjadi petani karena petani belum tentu tidak mempunyai uang. Sebagai petani kotor itu wajar.

(Feny Hariany)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments