P. Raya

Pengendalian Inflasi Se-kab/kota seluruh Propinsi Di Indonesia

PALANGKA RAYA- Wakil Gubenur Kalteng H. Edy Pratowo mengikuti rapat Pengendalian inflasi berbagai daerah seluruh Indonesia bersama Menteri Dalam Negeri Tito Karniavan secara virtual di Aula Jaya Tingang,  5 Desember 2022.

Menteri dalam negeri memberikan arahan dari presiden Joko Widodo, bahwa menangani inflasi ini harus sama dengan mekanisme pandemi Covid-19 , sehingga semua pihak akan menjadi fokus terhadap inflasi. 

Dalam Rapat pengendalian inflasi hadir pula Pejati, Polda, dan Wakil Korem 102/Pjg Wakil Gubernur dalam laporannnya pada periode triwulan I, II dan III Propinsi Kalteng melakukan dua lokus simpel inflasi, yakni di kota Palangka Raya dan kota Sampit

Lebih lanjut Wakil Gubernur Kalteng menyampaikan berbagai upaya dilakukan pemerintah daerah, membuat inflasi paska kenaikan BBM pada september 2022,relatif terkendali. Hal ini dapat dilihat dari inflasi dalam tiga periode menurun dari bukan september,  oktober dan Nopember 7,10 persen dan Nopember 6,97 persen. Inflasi terjadi pada Nopember 2022 lebih disebabkan karena faktor ekternal dampak dari banjir,  

Kenaikan inflasi salah satunya disebabkan Angkutan udara dan kenaikan harga rokok dari produsen. Sebagai antisipasi kenaikan cukai rokok , beberapa upaya pengendalian Inflasi yang telah dilakukan tim pengendalian inflasi daerah (TPID) Kalteng yaitu dilaksanakannya rakor bersama-sama se-Kalteng. Beberapa Langkah pengendalian inflasi ,seperti untuk jangka panjang dan jangka pendek, diadakan pasar penyeimbang dan memberkian subsidi dan untuk jangka panjang adalah melakukan kerjasama antar daerah luar di dalam maupun dii luar propinsi.

(Era Suherti)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments